Petilasan Wisata Alam Religi Umbulrejo

20230710 133443 scaled - Zonanusantara.com
Foto Hendrika

Oleh : Hendrika LW

Suasana siang itu cukup cerah. Keelokan alam di sepanjang jalan menuju Desa Umbulrejo sangat memikat. Jalanan pun cukup menantang karena tanjakan, turunan dan belokan yang tajam. Sehingga pengendara harus lebih fokus dan berhati-hati.

Read More

Jarak tempuh perjalanan dari kota Malang ke lokasi Wisata Alam Religi Umbulrejo, kurang lebih 25 km, membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Destinasi wisata yang berada di Desa Ubalan, Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang tersebut, tidak hanya menarik masyarakat sekitar tetapi juga dari berbagai daerah lain, seperti Kediri, Ponorogo, bahkan luar pulau seperti Kalimantan.

Baca Juga :  Tips Umroh Backpacker yang Aman dan Hemat Biaya

Sumber air yang terletak di kaki Gunung Kawi ini, dikelilingi oleh pohon-pohon besar, yang tentunya menjadi penahan laju air, mencegah erosi dan meningkatkan cadangan air tanah.

Sebagai bentuk syukur kepada semesta, diletakkan sesajian berupa makanan di bawah pohon tersebut. Meski terkesan mistis, bagi yang memiliki kepekaan lebih atau sensitif.

Setiap hari, terlebih pada hari besar atau libur pengunjung berdatangan silih berganti. Ada yang sekedar rekreasi atau berenang. Dan ada yang memiliki tujuan atau hajat tertentu melalui ritual doa dan mandi air umbul, terkhusus pada malam Jumat legi dan malam 1 Suro.

Persekutuan dengan alam dan berada di ruang hening diyakini memiliki kekuatan spiritual untuk mengabulkan keinginan.

Baca Juga :  Kemenparekraf dorong IINTLA adukan, cek praktik TL Asing

Menurut Pani, salah seorang pengurus, sumber air (umbul) ini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Merupakan petilasan Raden Sapu Jagad, yang dipercaya oleh sebagian masyarakat untuk melunturkan guna-guna.

Screenshot 2023 07 13 01 59 22 71 e307a3f9df9f380ebaf106e1dc980bb6 - Zonanusantara.com
Foto Hendrika

“Dulu kalau ada orang sakit kena guna-guna, akan luntur dengan mandi di sini.” katanya

Sampai saat ini, beberapa pengunjung masih menggunakan air sumber untuk mandi dan minum, dengan keyakinan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *