PIS Lanjutkan Program BerSEAnergi untuk Laut dengan Fokus pada Literasi Kelautan di Bali

PIS Lanjutkan Program 'BerSEAnergi untuk Laut' dengan Fokus pada Literasi Kelautan di Bali_zonanusantara.com
Istimewa

BADUNG – PT Pertamina International Shipping (PIS) telah melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” di SD No. 3 Tuban, Kabupaten Badung, Bali. Ini adalah sekolah ke-5 yang menjadi lokasi program TJSL ini, yang bertujuan untuk mendukung literasi kelautan.

Dalam rangka ini, PIS memberikan berbagai dukungan, termasuk bantuan alat-alat pendukung kegiatan belajar mengajar untuk 218 siswa, pemberian 100 buku tematik kelautan, renovasi kelas dan perpustakaan, beserta perlengkapannya.

Read More
PIS Lanjutkan Program 'BerSEAnergi untuk Laut' dengan Fokus pada Literasi Kelautan di Bali_zonanusantara.com
Istimewa

Dalam pelaksanaan program ini, para pekerja PIS berkolaborasi dengan Persatuan Wanita Patra (PWP) PIS tingkat pusat dan turut serta menjadi relawan pengajar dalam kelas interaktif. Mereka juga membacakan buku tentang biota laut bagi siswa sekolah.

Baca Juga :  Disnaker PMPTSP Kota Malang Tertibkan Objek Pajak Reklame Bodong

Vega Pita, Manager Stakeholder Management PIS, menyoroti pentingnya program ini dalam meningkatkan indeks literasi secara umum dan literasi kelautan secara khusus.

“Sebagai perusahaan dengan wilayah operasi sebagian besar mencakup laut, PIS berkomitmen untuk mendukung kelestarian ekosistem laut, salah satunya dengan memberikan edukasi kelautan. Edukasi ini mencakup pengetahuan tentang pengaruh laut terhadap manusia dan sebaliknya. Dengan menjaga keberlanjutan laut, kita mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Vega, Rabu (8/11).

Kepala Sekolah SD No. 3 Tuban, Ni Made Sukarini, menyambut positif dukungan PIS terhadap program ini dan mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami pentingnya pengetahuan tentang laut.

“Saya sangat mengapresiasi PIS memilih sekolah kami sebagai tempat pelaksanaan Program BerSEAnergi untuk Laut ini. Saya pun mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut dan berharap anak-anak usia sekolah dapat mulai peduli terhadap lingkungan laut mengingat lokasi sekolah ini termasuk lokasi pesisir laut,” katanya.

Baca Juga :  PIS Teken Kontrak Pembangunan 15 Tanker Baru

Inisiatif ‘BerSEAnergi’ untuk Laut merupakan bentuk TJSL PIS yang terintegrasi dan bertujuan untuk mendukung kelestarian laut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Program ini mencakup kegiatan literasi, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan masyarakat pesisir, coastal clean up, hingga konservasi biota dan ekosistem laut seperti mangrove, terumbu karang, dan hiu paus. Inisiatif ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) utamanya poin 4 terkait pendidikan dan poin 14 menjaga ekosistem laut,” tambah Vega.

Sebelumnya, PIS telah memberikan bantuan di empat sekolah dengan melakukan renovasi perpustakaan, memberikan perlengkapan belajar mengajar, dan menyediakan ratusan buku tematik kelautan.

Total penerima manfaat dari program ini mencapai 1.409 siswa, menunjukkan komitmen PIS dalam mendukung pendidikan dan melestarikan lingkungan laut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *