Connect with us

Berita

Prancis Larang Siswa Bawa Smartphone ke Sekolah

Foto ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

Prancis Larang Siswa Bawa Smartphone ke Sekolah, Zonanusantara.com – Pemerintah Prancis resmi mengeluarkan larangan penggunaan smartphone dan tablet di lingkungan sekolah. Semua siswa dilarang menggunakan perangkat elektronik itu saat jam sekolah.

Seperti dilansir dari Dailymail.co.uk (31/07/18), kebijakan ini berlaku untuk anak-anak hingga remaja usia 15 tahun. Kebijakan baru ini sudah mendapatkan persetujuan dari parlemen Jerman usai melewati proses voting bersama dan akan resmi berlaku pada September 2018.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi penggagas ide ini. Aturan ini juga adalah realisasi dari kampanye yang dibuat oleh presiden 40 tahun ini selama masa pemilihan umum Prancis. Presiden Macron ingin setiap anak muda Prancis bisa lebih fokus belajar di sekolah ketimbang kecanduan smartphone.

Dibawah aturan baru ini, para siswa diwajibkan meninggalkan perangkat telepon pintar dan tablet di rumah hingga jam sekolah berakhir. Ada pengecualian penggunaan perangkat elektronik ini khusus kegiatan ekstra kurikuler ataupun khusus bagi siswa disabilitas dan berkebutuhan khusus.

Sementara itu kelonggaran juga diberikan kepada setiap sekolah menengah. Sekolah menengah bisa mengeluarkan kebijakan sendiri, apakah akan memberlakukan larangan ini secara penuh ataukah sebagian.

Prancis sendiri sejatinya sudah memiliki undang-undang pada tahun 2010 yang melarang penggunaan ponsel di kelas. Namun aturan baru ini makin dipertegas sehingga siswa dilarang menggunakan ponsel di sekolah.

Menteri Pendidikan Prancis, Jean-Michel Blanquer, meyambuit positif aturan baru ini. Menurut Blanquer, peraturan yang lama tidak berlaku secara menyeluruh, sementara undang-undang yang baru in akan membawa Prancis menjadi lebih maju.

Baca: Cara Alami Menghilangkan Noda Jerawat di Wajah Dengan Kunyit

Prancis sendiri memperlakukan kebijakan ini mengingat 9 dari 10 remaja di Prancis antara umur 12 hingga 17 tahun telah memiliki smartphone. Prancis tak ingin dampak buruk ponsel pintar ini ikut merusak generasi mudanya.

Bagaimana pendapat kamu tentang ini? Haruskah Indonesia juga mengeluarkan kebijakan serupa khusus di sekolah? Silakan berikan pendapat kamu di kolom komentar ya.