Punya Sertifikasi Karoseri, Isuzu Dukung Uji Tipe Kendaraan Pemerintah

Truk Tangguh Isuzu dengan Karoseri Tersertifikasi (Dok. Isuzu)

Jakarta, Zonanusantara.com – PT. Isuzu Astra Motor Indonesia mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam menerapkan aturan Sertifikat Uji Tipe (SUT) atau Sertifikasi Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT) untuk keamanan dan keselamatan angkutan jalan di Tanaha Air.

Kebijakan ini adalah salah satu cara Kementerian Perhubungan mengatur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, agar sistem transportasi nasional yang dikembangkan semakin mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas pada Angkutan Jalan sehingga mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah.

Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, dengan pelaksanaan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor ini tercantum di dalam peraturan pemerintah RI No.55 tahun 2012 tentang kendaraan.

Dalam peraturan tersebut, setiap kendaraan bermotor harus melakukan Uji tipe kendaraan bermotor yang memiliki definisi pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi.

Dengan adanya uji tipe ini maka setiap pembeli kendaraan berhak mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe yang akan meberikan jaminan keamanan produk sehingga konsumen lebih aman dan nyaman menggunakannya dalam pengoperasian kendaraan.

Untuk mendukung program pemerintah agar setiap kendaraan bermotor laik jalan, maka Isuzu selalu memastikan produk-produk kendaraan Kami telah memiliki Sertifikasi Uji Tipe, begitu pula untuk kendaraan yang menggunakan aplikasi / body yang dibuat oleh karoseri.

Mendukugn hal tersebut, sejak tahun 2015 Isuzu telah memiliki program sertifikasi karoseri dimana saat ini Isuzu telah melakukan sertifikasi terhadap 41 karoseri sesuai dengan standard Isuzu dengan jumlah 275 SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun).

Melalui program ini pelanggan bisa mendapatkan banyak pilihan aplikasi/ body dari karoseri-karoseri terpilih dengan kualitas yang terjaga dan tertib administrasi. Isuzu akan terus menjalankan program sertifikasi karoseri dan terus berupaya untuk mengembangkan kerja sama dengan karoseri-karoseri di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here