SatReskrim Polres TTU Berhasil Menangkap Pelaku Pembalakan Liar 

Barang bukti (Foto : Lius Salu)

Kefamenanu, zonanusantar.com,-Satuan Reskrim (SatReskrim) Polres TTU, berhasil menangkap empat pelaku pembalakan liar (Ilegal loging).

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Tatang Prajitno Panjaitan, SH., SIK.,MH membenarkan penangkapan pembalakan liar atau ilegal loging tersebut kepada wartawan, Senin (14/10/2019)

“Iya benar, para pelaku kami tangkap di Pustu Manenu, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (11/10/2019) kemarin.

Tatang menuturkan, penangkapan berawal dari adanya informasi masyarakat sekitar tentang aktifitas bongkar muat kayu jati yang diduga tidak dilengkapi dengan dokumen.

Saat ditangkap, urai Tatang, pihaknya berhasil mengamankan satu unit truk berisikan kayu jati gelondongan dari empat pelaku atas nama Stefanus Bouk, Petrus Amnanu, Egidius Taek dan Maximus Asten.

Para pelaku, lanjut Tatang, ditangkap saat sedang mengganti ban truk yang pecah. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kayu yang diangkut tidak dilengkapi dokumen.

“Pelakunya kami tangkap di Pustu  Manenu, saat mereka berhenti mengganti ban truk yang memuat kayu pecah di Pustu Manenu,” terangnya.

Untuk saat ini, ungkap Tatang, penyidik telah memeriksa sebanyak empat orang pelaku dan tersisa lima orang lagi yang turut membantu mengangkut kayu tersebut.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik, beber Tatang, kayu illegal itu diketahui milik Stefanus yang dibeli dari Milikheor Meomanu, kemudian kayu itu diangkut mengunakan truk dengan nomor polisi DH 8207 DD ke rumah Stefanus di Desa Boronubaen,Kecamatan Biboki Utara yang dikemudikan oleh Petrus.

“Rencananya mau dibawah ke rumah stefanus di Desa Boronubaen,”ujar Tatang.

Atas perbuatannya, pungkas Tatang,  pelaku dijerat dengan pasal 82 ayat (1) Huruf b dan pasal 83 (1) Huruf a Undang-undang No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo.Pasal 55 ayat(1) ke-1 KUHP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here