Foto : Tik

Malang, zonanusantara.com– Situasi Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Jawa Timur hari ini mendadak ramai. Berbeda dengan rutinitas sebelumnya, hari ini puluhan orang berkumu lengkap barang bawaan yang jumlahnya cukup banyak sesuai kebutuhan.

Ternyata, dinas yang dipimpin Yoyok Wardoyo, dipadati para transmigran yang siap diberangkatkan ke Kalimantan Utara (Kaltara).

Sebelum diberangkatkan, Kadisnaker, Yoyok Wardoyo sempat memberikan pengarahan kepada para keluarga peserta transmigrasi sebagai bekal selama di tempat tujuan.

Kepala Bidang Transmigrasi, Dra Sri Wahyuning menjelaskan, tahun ini yang berangkat dari Kabupaten Malang, berjumlah 20 orang, atau lima keluarga.

“Para transmigran berasal dari Kecamatan Karangploso, Singosari, Lawang, Pakisaji dan Bululawang,” kata dia.

Ia menjelaskan para transmigran tujuan ke UPT Tanjung Buka, Bulungan, Kalimantan Utara. Di sini lanjut perempuan yang disapa Unik ini menambahkan para transmigran akan mendapatkan lahan untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber penghidupan, tempat tinggal serta jaminan hidup selama satu tahun.

Sebelum diberangkatkan ke lokasi tujuan, para transmigran dibawa ke Wisma Transito, Surabaya. Di wisma milik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim. Selanjutnya, para transmigran akan mendapatkan pembekalan soal transmigrasi selama dua hari.
“Setelah diberi pembekalan, baru tanggal 27 November diberangkatkan ke lokasi tujuan menggunakan kapal laut,” katanya.

Semenatara itu, salah satu transmigran, Arif Wibowo, 41 mengaku senang bisa ikut berpindah ke Kalimantan Utara. Pasalnya, menjadi transmigran sudah menjadi impiannya sejak beberapa tahun terakhir. (tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here