Foto : Lius Salu

Kefamenanu, zonanusantara.com- Masyarakat di daerah perbatasan negara Timor Leste, masih banyak yang hidup dalam kondisi prasejahtera. Masyarakat yang hampir 100 persen mata pencaharian dengan bertani ladang ini memiliki rumah yang tak layak huni. Rumah – rumah tersebut mendapat perhatian serius dari
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonif 132/BS.

Hingga kini sudah puluhan bahkan ratusan rumah warga mendapat bantuan berupa rumah layak huni. Hal yang sama dilakukan terhadap salah seorang warga di Desa Tasinifu, Kecamatan Musi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur, Sabtu (23/11/2019).

Pasukan penjaga batas antar negara ini membedah rumah Xaverius Tega warga desa setempat.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132 / BS, Letkol Inf. Wishyudha Utama, mengatakan rumah yang mereka bangun pernah mengalami musibah kebakaran.

“Rumah milik bapak Xaverius Tefa, yang kita bangun dan resmikan,”ujarnya.

Selain itu mereka juga mengisinya dengan kegiatan pengobatan gratis dan puskesmas keliling di rumah tersebut.

Kegiatan bedah rumah, kata Wishyudha merupakan wujud kepedulian TNI, anggota Pos Olbinose Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS kepada warga terutama Xaverius yang mengalami kesulitan akibat rumah tinggalnya terbakar.,

“Kegiatan bedah rumah ini merupakan program bedah rumah pertama Satgas Yonif 132/BS untuk membantu rumah warga yang tidak layak huni, “imbuhnya.

Menurut Wisyudha kegiatan bedah rumah warga tidak layak huni merupakan salah satu program unggulan Satuannya dalam pembinaan teritorial Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132 /BS selain tugas pokok TNI sebagai pengamanan perbatasan RI-RDTL.

Lanjut Wishyudha, selain program bedah rumah, ada juga kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh pihaknya berupa bakti sosial, pembuatan kebun desa, perpustakaan keliling, pembangunan taman baca di setiap pos Satgas, pengobatan gratis, program keluarga asuh serta kegiatan-kegiatan lainnya yang langsung menyentuh hati masyarakat di daerah perbatasan.

Sementara itu, bapak Xaverius Tefa mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS yang telah membantu membedah rumahnya yang terbakar beberapa hari lalu.

“Terimakasih bapak-bapak TNI sudah bantu bedah saya punya rumah kalau tidak musim hujan saya mau tinggal di mana,” katanya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here