Lepas 479 Mahasiswa PPL, Rektor Dorong Mahasiswa Berkarya dan Berinovasi

b015427f 05e4 4a13 983e 3f90a7010696 scaled - Zonanusantara.com
Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Prof Syahabuddin, saat melepas 479 mahasiswa untuk menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah IAIN Bone tahun 2023 Senin, 20 November 2023

7310c639 7636 4909 a997 5f1d8cc0b22e scaled - Zonanusantara.com

BONE–Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Prof Syahabuddin, secara resmi melepas 479 mahasiswa yang akan menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah IAIN Bone tahun 2023 Senin, 20 November 2023. Upacara pelepasan berlangsung di pelataran Gedung Fakultas Tarbiyah dengan penuh semangat dan harapan.

Read More

Peserta PPL berasal dari enam Program Studi dan akan ditempatkan di 69 sekolah yang tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, Tanete Riattang Barat, Barebbo, Awangpone, Sibulue, dan Palakka.

Baca Juga :  Kadis Asman Bakal Semarakkan HJB Ke-694 Dengan Jambore Petani Se-Kabupaten Bone

Kegiatan PPL ini akan berlangsung mulai 20 November hingga 6 Desember 2023, dengan mengusung tema “Memperkuat Sinergitas Mahasiswa yang Moderat Adaptif Humanis Inovatif Religius (MAHIR)”.

Ketua Panitia, Andi Muhammad Yauri PhD, menyatakan bahwa pihak sekolah sangat membutuhkan kontribusi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Saat meninjau lokasi, pihak sekolah sangat membutuhkan tenaga dari mahasiswa untuk mengajar di sekolahnya. Bahkan, ada beberapa sekolah yang mengatakan bahwa kalau bisa, kasi kami yang terbaik nanti kita akan tempatkan di sini setelah selesai,” ujarnya.

Menurut Andi Muhammad Yauri, fenomena ini menjadi bukti tingginya kebutuhan mahasiswa Tarbiyah di lapangan kerja. “Bahkan teman-teman panitia mengatakan jumlah mahasiswa kita cuma sekian tapi permintaan lebih banyak dari ketersediaan mahasiswa,” tambahnya.

Baca Juga :  MUSAFIR International Indonesia Raih Best Choice in Umroh and Haji Travel Awards 2022

Dalam arahannya, Rektor Prof Syahabuddin memberikan pesan kepada mahasiswa agar tetap menjaga etika sebagai akademisi di lokasi PPL. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tinggi. Hormati kearifan lokal yang berlaku di sana,” tuturnya.

Rektor juga berharap agar mahasiswa meninggalkan kesan yang baik melalui transfer ilmu yang telah mereka dapatkan selama perkuliahan. “Selamat berkarya, bikin inovasi yang sifatnya membangun dan dikenang. Ada kontribusi keilmuan pendidikan yang lahir dari mahasiswa PPL Tarbiyah. Amin,” ungkapnya.

Acara pelepasan PPL ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas Tarbiyah, panitia, dan dosen pembimbing mahasiswa. Semua pihak berharap bahwa kegiatan PPL ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi sekolah-sekolah yang menerima mereka. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *