Graduation Ceremony SMPN 1 Watampone, Dari Prestasi Hingga Tantangan Pendidikan

c020be79 bf7d 4bdc 8eaa 9aa358e68366 e1718749883108 - Zonanusantara.com
Pemasangan Salempang oleh Kepala UPT SMPN 1 Watampone Muhammad Arfah, S.Pd., M.Pd kepada lulusan berprestasi SMPN 1 Watampone

aba3c5e9 164d 4446 b8f9 6d3285722aed - Zonanusantara.com

BONE–Suasana penuh semangat dan kebahagiaan meliputi Gedung Serba Guna Universitas Andi Sudirman saat pelaksanaan Graduation Ceremony SMPN 1 Watampone Tahun Pelajaran 2023/2024. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 15 Juni 2024, ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs. A. Fajaruddin, MM, serta sejumlah kepala sekolah dari berbagai jenjang pendidikan.

Read More

Kepala SMPN 2 Watampone, Kamise, S.Pd., M.Pd, Kepala SMPN 6 Watampone, Drs. A. Hasyim, M.Pd, dan Kepala SDN 23 Jeppe’e, Murniati, S.Pd, turut hadir bersama para kepala sekolah lainnya. Kehadiran mereka menambah semarak acara yang juga dihadiri oleh orang tua siswa yang dengan bangga menyaksikan putra-putri mereka meraih kelulusan.

7f1fbd06 061e 4c80 81f2 9ce230a3f3d8 - Zonanusantara.com

Kepala SMPN 1 Watampone, Muhammad Arfah, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya berpesan kepada para lulusan bahwa kelulusan ini bukanlah akhir dari perjalanan pendidikan mereka, melainkan langkah awal menuju pendidikan yang lebih tinggi. “Tolong orang tua bantu anaknya dalam memilih sekolah. Setiap sekolah memiliki visi misi. Seperti SMPN 1 Watampone yang memiliki Visi Unggul Berkarakter Berwawasan Lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga :  M. David Salim : Mina Vision Merangkul LD PBNU Untuk Mengisi Acara Ramadhan

Tahun ini, sebanyak 278 siswa dinyatakan lulus, dan SMPN 1 Watampone akan menerima sebanyak 320 peserta didik baru dalam 10 rombongan belajar. Saat ini, sudah ada 570 formulir yang dikeluarkan dan 300 formulir telah dikembalikan.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Bone juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada SMPN 1 Watampone sebagai tempat menempuh pendidikan bagi anak-anak mereka. Dalam kesempatan ini, Muhammad Arfah juga mengungkapkan bahwa SMPN 1 Watampone masih kekurangan pendidik, terutama untuk mata pelajaran Bahasa Daerah, Prakarya, dan Informatika yang kini menjadi pelajaran wajib. “Guru Bahasa Daerah saat ini sangat sulit ditemukan,” ungkapnya.

4306f994 a7ae 48e9 a99b b1f1cfc37121 - Zonanusantara.com

Dari sisi sarana, Arfah melaporkan bahwa pada tahun 2023 lalu, SMPN 1 Watampone telah menerima bantuan pembangunan satu unit laboratorium komputer, perbaikan laboratorium IPA, dan dua unit pembangunan toilet. “Kini masih ada 11 kelas yang butuh perhatian. Mudah-mudahan di tahun berikutnya kita mendapat bantuan perbaikan,” harapnya.

Prestasi siswa SMPN 1 Watampone juga menjadi kebanggaan tersendiri. Setiap event yang digelar di tingkat kabupaten, siswa SMPN 1 Watampone selalu tampil maksimal dan meraih prestasi. Dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), siswa SMPN 1 Watampone selalu menjadi juara umum di tingkat kabupaten dan bahkan menembus tingkat nasional. Begitu juga dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), salah satu siswa, Muhammad Gifari, berhasil mencapai tingkat nasional. Dalam Athirah Olimpic, SMPN 1 Watampone juga sukses meraih Juara Umum I.

Baca Juga :  Ketua DPD RI: Sekolah Harus Punya Pelajaran Tanggap Bencana

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Bone yang telah menggagas Festival Disdik 2024. “Ketiga cabang lomba yang dikompetisikan semuanya dijuarai oleh siswa SMPN 1 Watampone,” tutur Arfah dengan bangga.

Mengakhiri sambutannya, Arfah menyampaikan tantangan bagi para pembina untuk terus melahirkan bibit unggul yang mampu mengukir prestasi dari tingkat kabupaten hingga nasional di masa depan. “Ini menjadi tantangan bagaimana kedepannya kembali melahirkan bibit unggul yang bisa mengukir prestasi dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat Nasional,” pungkasnya.

Acara Graduation Ceremony ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi dan penampilan seni dari para siswa, yang semakin menambah kemeriahan suasana. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *