Kadis Asman Ungkap Potensi 5 Ribu Hektar Rawa di Bone Siap Dioptimalkan

Untitled 1 - Zonanusantara.com
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos., MM

BONE–Dalam mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) yang bertujuan mengoptimalkan lahan rawa, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone telah mengambil langkah proaktif. Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos., MM, terdapat potensi besar dalam hal ini.

Untitled 2 - Zonanusantara.com

Read More
Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Andi Asman Sulaiman menyatakan bahwa di Kabupaten Bone terdapat 5 ribu hektar lahan rawa yang telah siap untuk dioptimalkan. Lahan tersebut tersebar di empat kecamatan di wilayah Bone Utara, yaitu Dua Boccoe, Tellu Siattinge, Ajangale, dan Cenrana. “Ini menjadi komitmen sekaligus wujud upaya maksimal kami di Dinas TPHP untuk mendukung program Kementan terkait optimalisasi lahan rawa,” ujar Andi Asman Sulaiman.

Baca Juga :  Tokoh Adat Insana di TTU Tolak Penetapan Batas Desa

Optimalisasi lahan rawa ini juga melibatkan kerja sama dengan unsur TNI dengan target produksi gabah yang diharapkan bisa mencapai berkali-kali lipat dari produksi sebelumnya. “Kita tekankan memang, sepanjang sungai besar dan kecil seperti Sungai Walanae di Bone Barat dan Utara, dipompa untuk kebutuhan air tanaman padi,” tambah Andi Asman Sulaiman.

Untuk mencapai target optimalisasi lahan yang ambisius ini, Andi Asman menyebutkan bahwa pompanisasi luas lahan yang menjadi sasaran mencapai 38 ribu hektar. Hal ini termasuk sawah tadah hujan, dimana lahan yang memiliki indeks produktivitas (IP) 0 dan IP 1 akan dioptimalkan minimal menjadi IP 2. Dalam upaya ini, didukung oleh penggunaan 3.468 unit pompa dan benih yang disediakan oleh pemerintah.

Baca Juga :  Erick Thohir: Keharmonian Jadi Dasar Transformasi BUMN

Dengan langkah-langkah konkret ini, Dinas TPHP Kabupaten Bone bersama dengan Kementan dan unsur TNI menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Bone secara keseluruhan. (*)

Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *