Oknum Honorer Damkar Bone Diduga Jadi Calo di Disduk Bone. Kadisduk Capil : Tak Ada Pembayaran, Jangan Pakai Calo

IMG 20240625 212718 - Zonanusantara.com
Andi Saharuddin

BONE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Bone, salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sering disalah gunakan oleh oknum tak bertanggung jawab khususnya dalam pengurusan administrasi Kependudukan.

Apalagi akhir-akhir ini, OPD yang dipimpin Andi Saharuddin mendapatkan  isu yang tidak sedap dengan adanya pengaduan seorang warga dari Desa Cinnong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Jumriati (27) ke LMRI Komda Bone.

Read More

Ketua LMRI Komda Bone, Sry Ritaharty, mengakui bahwa ada oknum yang dari luar (bukan pegawai Disduk Capil Bone) yang terkesan mau mengambil keuntungan dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Baca Juga :  Larang Mudik, Polres Malang Merujuk pada SE Satgas Covid 19

“Ada oknum yang diduga tenaga honor Damkar Bone, akrab dipanggil Ria yang menjadi calo dalam pengurusan berkas administrasi kependudukan. Sudah ada lagi korbannya yang mengadu ke saya,” ujar Sry Ritaharty, Selasa (25/6/2024).

“Korbannya Ria kali ini seorang ibu dari Kecamatan Barebbo. Ia dimitai uang pembayaran Rp 2.100.000, untuk pengurusan di Disduk Capil, terkait KK dan KTP dan sekira 8 bulan tidak selesai. Nanti KK dan KTP tersebut selesai setelah dikerja oleh teman saya di Disduk Capil Bone,” ujarnya lagi.

“Berkali-kali korban meminta uangnya ke Ria bahkan korban rela dipotong uang operasional yang digunakan Ria namun Ria tidak mengembalikan dengan sejumlah alasan. Ini kasus akan saya laporkan ke APH,” tegas Sry Ritaharty.

Sry Ritaharty menambahkan, saat ini jika ada berkas administrasi kependudukan yang dibawa oleh Ria ke Disduk Capil Kabupaten Bone, maka hampir semua pegawai Disduk Capil Bone tidak ada yang mau terima karena mereka sudah tahu permainan Ria.

Baca Juga :  Aviary Park: Membawa Wisata Edukasi ke Puncak Kecemerlangan Alam

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone, Andi Saharuddin, secara terpisah menegaskan dan menghimbau ke masyarakat agar jangan pernah menggunakan calo jika akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan di Disduk Capil Kabupaten Bone.

“Saya selalu menghimbau masyarakat agar datang langsung ke kantor dan jangan pakai calo. Pengurusan di Disduk Capil Kabupaten Bone adalah gratis tanpa biaya apapun,” tegas Andi Saharuddin.

Ia juga mengakui kalau Ria awalnya merupakan honor Disduk Capil Kabupaten Bone, namun karena perbuatannya akhirnya dikeluarkan di Disduk Capil Kabupaten Bone.  Ria yang dihubungi, mengakui kalau akan membayar Jumriati secepatnya.

“Iye saya akan membayar secepatnya,” ujarnya singkat.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *