Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Akan Kunjungi Bone untuk Akselerasi Produksi Pangan Nasional

56bc64c6 824f 4813 8768 398baed83a2b - Zonanusantara.com

BONE–Dalam rangka akselerasi produksi pangan nasional dan penanganan dampak El Niño, khususnya pada komoditas padi melalui program pompanisasi, Menteri Pertanian akan melakukan kunjungan kerja mendampingi Presiden RI di Kabupaten Bone pada tanggal 4 Juli 2024. Kepastian kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu tertuang dalam surat Kementerian Pertanian RI No. B-1971/HM.020/A/07/2024 yang ditujukan langsung kepada Pj. Bupati Bone dan ditandatangani Plt Sekretaris Jenderal Menteri Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc.

Untuk menyambut kedatangan Presiden dua periode tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos., MM, telah melakukan tinjauan lokasi lahan sawah yang akan dikunjungi Presiden RI.

Read More
Baca Juga :  KORMI Bone Dorong Gaya Hidup Sehat dengan Senam Bersama Setiap Minggu di Stadion Lapatau Bone

H. Andi Asman Sulaiman mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi dipastikan akan berkunjung ke Kabupaten Bone. “Di tengah penerimaan Pasis Dikred Seskoad di Desa Lampoko, Kecamatan Barebbo tadi pagi, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menelepon langsung ke saya. Ia berkoordinasi akan melakukan kegiatan penyaluran bantuan pompanisasi untuk 38 ribu hektar sawah tadah hujan di Kecamatan Awangpone,” jelasnya.

“Alhamdulillah, bapak Menteri Pertanian RI menelepon, bapak Presiden RI akan berkunjung ke Bone untuk melakukan penyaluran bantuan pompanisasi di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone. Lokasi tersebut merupakan hamparan sawah tadah hujan seluas 205 hektar yang dikelola oleh tujuh kelompok tani. Maka dari itu, untuk menyambut kedatangannya, kami mulai melakukan pembenahan dan sterilisasi lokasi kunjungan,” tambah H. Andi Asman Sulaiman.

Baca Juga :  Orientasi Majelis Pembimbing Kwarcab Bone, Dorong Semangat Kepramukaan Bagi Generasi Penerus

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan produksi pangan nasional, khususnya padi, serta mengatasi dampak negatif dari fenomena El Niño yang sering kali mengganggu sektor pertanian. Program pompanisasi ini merupakan langkah konkret pemerintah dalam mendukung petani, khususnya di daerah-daerah yang rawan kekeringan, dengan menyediakan bantuan pompa air untuk mengairi sawah tadah hujan.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah semakin erat, serta petani di Kabupaten Bone dapat merasakan manfaat langsung dari program-program yang digulirkan. Kesiapan Kabupaten Bone dalam menyambut Presiden dan Menteri Pertanian ini menunjukkan komitmen daerah dalam mendukung program nasional demi kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *