Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, Pj. Bupati Bone Dorong Peserta Pelatihan untuk Meraih Masa Depan Cerah

Pj Bupati Bone Kepala BBPVP Makassar dan Jajaran Dinas Ketenagakerjaan Bone berpose bersama dengan para peserta pelatihan berbasis kompetensi scaled - Zonanusantara.com
Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH, Kepala BBPVP Makassar Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd, M.Pd dan Jajaran Dinas Ketenagakerjaan Bone berpose bersama dengan para peserta pelatihan berbasis kompetensi
Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, Pj. Bupati Bone Dorong Peserta Pelatihan untuk Meraih Masa Depan Cerah_zonanusantara.com
Didampingi Kadisnaker Ir. H. Andi Arsal Achmad Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH menyerahkan sertifikat pelatihan berbasis kompetensi kepada para peserta

BONE–Pemerintah Kabupaten Bone, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Unit Pelatihan Kerja (BLK) Kabupaten Bone, merayakan momen bersejarah dengan menggelar Pembukaan dan Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar Tahun Anggaran 2023. Acara berlangsung di Aula BLK Bone pada Kamis, 02 November 2023.

Kegiatan ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Pj. Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, M.H., yang tidak hanya membuka pelatihan tahap II, tetapi juga secara resmi menutup pelatihan tahap I Berbasis Kompetensi Binaan BBPVP Makassar Tahun Anggaran 2023 yang berlangsung di BLK Bone.

Read More

Dalam acara tersebut, turut hadir Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd, M.Pd, Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar, serta perwakilan dari TNI Kodim 1407/Bone, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Bone Ir. H. Andi Arsal Achmad, Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Armin Hasri, S.Sos, M.Si, dan Kepala UPT BLK Bone, Muh. Kurniadi, ST, MM.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, Ir. H. Andi Arsal Achmad, dalam pernyataannya, menyebutkan bahwa peserta pelatihan tidak hanya berasal dari masyarakat umum, tetapi juga melibatkan 19 orang anggota TNI Kodim 1407/Bone. Dalam konteks ini, ia menyatakan rasa bangga dan apresiasi terhadap kesempatan yang diberikan Pj. Bupati Bone dalam menghadiri momen bersejarah ini.

“Ini adalah bentuk apresiasi Pj. Bupati Bone terhadap para peserta dan semangat bagi peserta untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Acara ini tidak hanya mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia melalui pelatihan berbasis kompetensi, tetapi juga menggarisbawahi kolaborasi yang kuat antara berbagai instansi terkait. Dengan begitu, Kabupaten Bone terus mempersiapkan masyarakatnya untuk bersaing dan berkontribusi dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Selama Pembukaan dan Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan BBPVP Makassar Tahun Anggaran 2023, peserta diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berkembang.

Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar, Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd, M.Pd mengajak para peserta untuk bersyukur dan berbangga. “Bersyukurlah para peserta dan berbanggalah menjadi peserta pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan BLK Bone. Karena hari ini, dihadiri langsung Pj Bupati Bone. Kehadiran Pj Bupati menjadi wujud cinta atas perhatian terhadap anak-anaknya, begitupun kehadiran saya sebagai wujud cinta Kemennaker terhadap anak bangsa. Jadi kehadiran dua cinta ini, tidak ada lain untuk melihat acara ini berjalan sukses dan tidak ada lagi alasan keluaran dari pelatihan ini peserta tidak kompeten,” ujarnya.

Baca Juga :  Juara II! SMPN 1 Watampone Memukau dalam Kompetisi Matematika Tingkat Nasional

Keberadaan Pj Bupati Bone menjadi bukti nyata perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusia di daerah ini. “Kehadiran kami memperkuat komitmen untuk meningkatkan kualitas pelatihan berbasis kompetensi,” tuturnya.

Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd, M.Pd, juga mengingatkan peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. “Banyak yang mau ikut pelatihan dan mendaftar di aplikasi siap kerja, namun tidak tembus. Maka dari itu kita patut bersyukur karena bisa menjadi peserta pelatihan berbasis kompetensi. Untuk itu, jadikanlah momentum ini, untuk merubah diri dan mengembangkan potensi diri,” tandasnya.

Dengan adanya dukungan dan perhatian yang kuat dari pihak berwenang serta semangat peserta pelatihan, acara ini diharapkan berjalan sukses dan memberikan manfaat besar bagi perkembangan potensi masyarakat setempat. Dengan semangat kompetensi dan cinta terhadap anak bangsa, pelatihan ini diharapkan akan menciptakan individu yang siap bersaing dan berkontribusi dalam dunia kerja.

Sementara itu, Pj Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH, mengambil inisiatif untuk mendorong peningkatan kompetensi peserta pelatihan di Kabupaten Bone dalam upaya meredam angka pengangguran. Dalam kunjungannya ke Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, beliau memberikan pesan penting kepada peserta yang sedang menjalani pelatihan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bone menekankan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperoleh kebahagian melalui peningkatan kompetensi mereka, yang pada akhirnya diharapkan akan mendorong mereka untuk mandiri dengan berwirausaha. Beliau menyatakan keyakinannya bahwa peserta memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni, dan setelah menyelesaikan pelatihan, mereka harus dapat mengaplikasikan keterampilan yang mereka miliki untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri.

Dalam upaya menekan angka pengangguran di Bumi Arung Palakka, Pj Bupati Bone memberikan dorongan kepada peserta untuk bersiap-siap memasuki dunia kerja atau berwirausaha setelah menyelesaikan pelatihan. “Saya hadir di sini sebagai tanda perhatian dan kecintaan kepada peserta, dengan harapan bahwa impian dan cita-cita mereka dapat terwujud,” katanya.

Selaku pemerintah, Pj Bupati Bone juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BLK Bone dan BLK Makassar atas kontribusi mereka dalam mendidik warga Kabupaten Bone. Beliau berharap bahwa paket-paket pelatihan untuk Kabupaten Bone akan terus bertambah sehingga lebih banyak masyarakat dapat menerima pelatihan yang berguna.

Pj Bupati Bone juga memberikan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan dan meminta mereka untuk serius mengikuti materi yang diberikan, dengan harapan bahwa harapan pemerintah dapat terwujud melalui peningkatan kompetensi dan kesempatan yang diberikan kepada mereka.

Baca Juga :  Satpol PP Kabupaten Bone Perkuat Perang Melawan Rokok Ilegal, Sosialisasi dan Langkah Strategis Implementasi Kawasan Tanpa Rokok

Dalam kunjungannya ini, Pj Bupati Bone secara tegas memotivasi para peserta pelatihan untuk meraih masa depan yang lebih cerah dan berkontribusi positif bagi Kabupaten Bone. “Upaya ini merupakan langkah konkret dalam mengatasi permasalahan pengangguran di daerah tersebut, dengan memberikan pelatihan dan dukungan kepada para calon pekerja dan wirausahawan,” tandasnya.

Disisi lain, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, Muh. Kurniadi, ST, MM, mengungkapkan bahwa sebanyak 176 peserta binaan yang mengikuti pelatihan berbasis kompetensi ini. Ini merupakan langkah positif dalam mendukung pengembangan keterampilan dan peningkatan peluang kerja di Kabupaten Bone.

Dalam pernyataannya, Muh. Kurniadi membeberkan bahwa pada tahap kedua program pelatihan ini, sebanyak 80 peserta aktif mengikuti beragam kursus, yang mencakup pelatihan Tata Rias, Menjahit, Sepeda Motor Injeksi, Las Listrik Plate, Desain Grafis, Operator Komputer, Teknis Pendingin AC, Teknisi Hp, dan Pertukangan Kayu Pornitur. Program ini dirancang untuk memungkinkan peserta mengembangkan keterampilan mereka di berbagai bidang, sehingga mereka siap untuk mengejar karir yang lebih baik.

Lebih lanjut, Muh. Kurniadi menekankan bahwa program pelatihan ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta. “Kami sangat bangga melihat peserta kami tumbuh dan berkembang dalam berbagai keterampilan. Mereka telah menyelesaikan pelatihan dengan sukses dan siap untuk melangkah ke dunia kerja dengan keyakinan yang tinggi,” kata Kepala UPT BLK Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone.

Dalam perkembangan lain, 96 peserta telah menyelesaikan pelatihan pada tahap sebelumnya, menciptakan total 176 peserta yang mendapatkan manfaat dari program ini secara keseluruhan. Keberhasilan mereka nantinya adalah cermin dari dedikasi dan kerja keras yang telah ditanamkan oleh instruktur dan mentor di BLK Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone.

“Ini adalah bukti nyata dari upaya Kabupaten Bone dalam memberikan pelatihan keterampilan yang berkualitas kepada warganya, membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin dinamis, pelatihan ini merupakan langkah cerdas dalam menghadapi tantangan masa depan,” tuturnya.

Dengan semakin banyaknya peserta yang mengikuti dan menyelesaikan program pelatihan ini, Kabupaten Bone terus mengukir prestasi dalam memajukan sumber daya manusia di wilayahnya. Keberhasilan mereka adalah bukti bahwa investasi dalam pendidikan dan pelatihan keterampilan adalah investasi yang cerdas untuk masa depan yang lebih baik.

“Semoga prestasi peserta pelatihan ini akan memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk mengikuti jejak mereka dan terus berusaha untuk meningkatkan diri mereka sendiri. Kabupaten Bone telah menunjukkan bahwa mereka siap untuk meraih keberhasilan dan memajukan komunitas mereka melalui pembangunan keterampilan dan pelatihan,” imbuhnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *