Cabor Gulat Kabupaten Malang Juara Umum

IMG 20230915 122237 - Zonanusantara.com
Foto Toski

MALANG – Tim gulat Kabupaten Malang yang berjuang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023 keluar sebagai juara umum dengan meraih 5 medali emas dan 2 medali perak.

Ketua Harian Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kabupaten Malang sekaligus pelatih gulat, Sulastiman mengatakan, dalam perhelatan yang digelar dua tahunan ini, pihaknya menurunkan sebanyak 14 atlet.

Read More

“Alhamdulillah, kita bisa menjadi juara umum, ini yang ketiga kalinya kita juara umum, dengan raihan 7 medali,” ucap pria yang akrab di sapa Timan, Jumat (15/9).

Baca Juga :  Ketua DPD RI Minta Pelatihan Active Selling ke Pelaku UMKM Digencarkan

Menurut Timan, untuk bisa mempertahankan juara umum secara berturut-turut, kunci utamanya itu tidak lepas dari kedisiplinan para atlet yang selama setahun terakhir persiapannya dijalankan dengan baik.

“Ada dua kata kunci utamanya, yakni pertama disiplin, dan kedua adalah rajin. Itu kata kunci yang selalu saya tekankan kepada atlet,” jelasnya.

Dengan kata kunci tersebut, lanjut Timan, membuat dirinya tidak terbebani untuk bisa mempertahankan 3 kali gelar sebagai juara umum di cabang olahraga (cabor) gulat ini, akan tetapi yang menjadi pikiran berat saat menjalani proses menuju Porprov tersebut.

“Kalau saya pas Porprov tidak ada beban sama sekali, yang saya pikirkan saat-saat proses melatih mereka ini. Dari bulan ke bulan ini yang paling berat prosesnya,” terangnya.

Terlebih, lanjut Timan, saat ini banyak atletnya yang saat berlaga di Porprov VIII sudah habis masanya, “Ini yang lebih berat, karena kami harus mengawali lagi, kalau Kabupaten Malang mau berjaya lagi, maka caranya harus sinergi semua pihak, mulai Pemerintah, Dispora, dan tentunya Dinas Pendidikan,” pintanya.

Baca Juga :  NLR Gelar Semiloka Kolaborasi Menuju Eliminasi Kusta di Indonesia¬†

Sebab, Timan mengaku, bahwa dirinya dan tim kepelatihan, saat ini kesulitan mencari bibit atlet baru di setiap sekolah, untuk itu dibutuhkan bantuan semua pihak agar olahraga gulat di Kabupaten Malang bisa menjadi olahraga favorit seperti halnya olahraga lainnya.

“Tidak hanya dukungan doa, tapi membantu mencari calon atlet ke sekolah-sekolah. Bagi saya, itu sangat berharga sekali,” harapnya.

Sebagai informasi, cabang olahraga gulat Kabupaten Malang dalam ajang Porprov selalu menjadi cabor favorit dan selalu menjadi lumbung medali bagi Kabupaten Malang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *