Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Dinas Lingkungan Hidup di Desa Tondong Jadi Investasi Jangka Panjang untuk Kelestarian Lingkungan

Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Dinas Lingkungan Hidup di Desa Tondong Jadi Investasi Jangka Panjang untuk Kelestarian Lingkungan_zonanusantara.com
Didampingi Kabid Tata Lingkungan Andi Habibie, ST., MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Dray Vibrianto pimpin langsung gerakan penanaman sejuta pohon secara serentak di Dusun II Desa Tondong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone

BONE–Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone menjalankan gerakan penanaman sejuta pohon secara serentak di Dusun II Desa Tondong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone pada Minggu, 14 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan upaya konkrit dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan menjadi representasi dari komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

a1484034 9c3c 432b 9883 ddb7cb434f6e - Zonanusantara.com

Read More

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Dray Vibrianto, memimpin langsung kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa gerakan ini masih merupakan bagian dari Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Sebanyak 400 pohon ditanam di wilayah Kabupaten Bone, termasuk jenis buah-buahan seperti nangka, sukun, durian, dan beberapa jenis kayu-kayuan.

Baca Juga :  Kunjungi Korban Kebakaran, Wabup Enrekang, Disambut Isak Tangis

Menurut Dray Vibrianto, Gerakan Menanam Sejuta Pohon bukan hanya sekadar kegiatan seremonial, melainkan merupakan investasi jangka panjang dalam menjaga kelestarian daerah untuk generasi mendatang. Ia menekankan bahwa pohon memiliki peran penting sebagai investasi lingkungan di masa depan, yang akan menjamin kehidupan anak cucu.

“Pohon adalah investasi lingkungan di masa depan untuk menjamin kehidupan anak cucu kita kelak. Oleh sebab itu, gerakan menanam pohon harus terus digalakkan bahkan dijadikan budaya yang positif bagi seluruh masyarakat,” ungkap Dray Vibrianto.

Kegiatan penanaman ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang mendorong penanaman pohon selama musim penghujan 2023/2024 dan sebagai momentum Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Baca Juga :  SKB Enam Menteri dan Lembaga tentang Larangan FPI

Pentingnya kegiatan ini semakin ditekankan dengan dipantau langsung oleh Wakil Presiden RI dan Menteri Lingkungan Hidup melalui platform virtual zoom. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung dan memantau setiap langkah yang diambil oleh daerah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan serupa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam gerakan pelestarian lingkungan dan menanamkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan ekosistem. Dengan demikian, masyarakat dapat bersama-sama menjaga alam demi kesejahteraan generasi mendatang. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *