Peringatan Hantaru 2023, Kinerja dan Kolaborasi Untuk Masa Depan Agraria Indonesia

efdcf9f7 e125 4479 9111 f69d7dd7d795 - Zonanusantara.com
Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyerahkan sertifikat dan piagam penghargaan dalam kegiatan retribusi tanah serta pembebasan atau keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi disaksikan Kepala Kanwil BPN Sulsel

ZONANUSANTARA.COM, BONE–Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) tahun ini menjadi momen istimewa dengan peringatan HUT Undang-Undang Pokok Agraria yang ke-63. Upacara peringatan Hantaru yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin 25 September 2023 mengangkat tema “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju.”

Acara yang diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta dari seluruh Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulsel ini menjadi bukti nyata sinergi yang kuat dalam mengelola aset tanah dan ruang di Indonesia.

Read More

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Tri Wibisono, dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) dan menyerahkan sertifikat dalam rangka peringatan Hantaru 2023. “Kami atas nama Kanwil dan Kantor Pertanahan Se-Sulsel mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Ini menjadi kehormatan bagi kami,” ujar Tri Wibisono.

Baca Juga :  Temui Ketua DPD RI, Gubernur Sultra Dukung RUU Daerah Kepulauan

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin membacakan sambutan dari Menteri ATR/Kepala BPN, yang menyoroti prestasi penting, seperti pendaftaran sebanyak 107,1 bidang tanah dari target 126 juta, akselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), serta dukungan pembangunan Infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) dan percepatan realisasi target Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Bahtiar juga menekankan pentingnya sinergi dalam menyelesaikan sengketa dan konflik pertanahan. Ia menyebutkan beberapa kasus yang melibatkan oknum mafia tanah, seperti Eks Kebun Binatang di Kota Makassar, sebagai bukti keseriusan Kementerian ATR/BPN dalam memberantas mafia tanah.

Selain itu, dalam upacara tersebut, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyerahkan sertifikat dan piagam penghargaan dalam kegiatan retribusi tanah serta pembebasan atau keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada kepala daerah di Sulsel. Ia juga menyerahkan secara simbolis 30.337 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Baca Juga :  Dandim Bone Dorong Suasana Kondusif Selama Ramadan dengan Langkah Tegas dan Edukasi

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Selatan, Tri Wibisono, juga berkontribusi dalam memberikan penghargaan dengan menyerahkan plakat kepada Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Bupati Bone, Andi Fashar Padjalangi.

Peringatan Hantaru tahun ini bukan hanya sebuah acara seremonial, tetapi juga menegaskan tekad bersama untuk mewujudkan Indonesia yang maju melalui kinerja dan kolaborasi yang kuat dalam pengelolaan aset tanah dan ruang. Dengan semangat ini, Indonesia terus melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *