Yasir Machmud Pimpin Perhitungan Suara Gerindra di DPRD Sulsel, Sindrom Paternalistik Menantang Transparansi Demokrasi

14285e10 f269 4956 9642 527944ac422b - Zonanusantara.com
Yasir Machmud saat menyalurkan hak suaranya

BONE–Dalam perhitungan suara internal partai Gerindra untuk kursi DPRD Sulsel di daerah pemilihan Bone, Yasir Machmud memimpin dengan suara terbanyak, menurut data yang dihimpun oleh tim saksi pemantau desa. Dari 1.472 TPS yang telah diakumulasi dari total 2.270 TPS, lebih dari 91.000 suara berhasil terkumpul.

Hasil sementara menempatkan Yasir Machmud di posisi teratas, diikuti oleh Andi Tenri Abeng Salangketo. Ketua Tim Monev pemenangan Yasir Machmud, Mujib, menyatakan optimisme bahwa Gerindra dapat mengamankan 2 kursi berdasarkan komposisi suara yang telah masuk. Dengan 798 TPS tersisa, masih ada peluang untuk meraih 3 kursi.

Read More
Baca Juga :  Saat Akan Ditangkap, Pelaku Curanmor Melempari Petugas Dengan Bondet
Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Meski optimis, saksi pemantau mengalami kesulitan mengakses data hasil C1 karena beberapa petugas KPPS hanya mengizinkan pihak yang diamanatkan oleh partai untuk melihatnya. Sindrom paternalistik masih tampak dominan, dengan beberapa petugas KPPS bahkan meminta dana sebagai syarat untuk memberikan data.

Meskipun demikian, 70% suara TPS yang masuk memberikan keyakinan bahwa posisi Gerindra di kursi pertama di Kabupaten Bone sudah dijamin oleh Yasir Machmud. Tantangan dalam memperoleh data yang transparan dalam proses demokrasi mencerminkan dinamika politik di daerah, dengan sindrom paternalistik masih menjadi kendala.

Namun, dengan gambaran suara TPS yang masuk, posisi Gerindra di kursi pertama di kabupaten Bone sudah pasti, dan suara rakyat akan terus diawasi hingga perhitungan suara tingkat provinsi. (*)

Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *