HomeBeritaBMKG Pusat Akan Sosialisasikan Potensi Gempa Magnetudo 8,7 di Malang

BMKG Pusat Akan Sosialisasikan Potensi Gempa Magnetudo 8,7 di Malang

Ist

MALANG, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi gempa berkekuatan magnitudo 8,7 dapat mengakibatkan tsunami yang tingginya hingga 29 meter akan terjadi di wilayah Jawa Timur. Menghadapi situasi tersebut BMKG diagendakan akan melakukan sosialisasi  di Kantor Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang, 8 Juni 2021, sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam surat bernomor: GF.00.02/017/KKRK/VI/2021, yang dikeluarkan Kepala oleh BMKG Stasiun Geofisika Karangkates, Mamuri pada
05 Juni 2021, dijelaskan BMKG pusat akan melakukan Sekolah Lapang Gempabumi Kabupaten Malang 2021 untuk meningkatkan penguatan koordinasi BMKG dengan stakeholder di daerah.

“Kegiatan itu untuk sosialisasi, Ibu Kepala BMKG Dwikorita Kamawatl yang membuka,” ucap Kepala oleh BMKG Stasiun Geofisika Karangkates, Mamuri, melalui WhatsApp, Senin (7/6).

Menurut Mamuri, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun sikap tanggap gempabumi dan tsunami bagi masyarakat dan sekolah yang berada di wilayah potensi gempabumi dan tsunami. Karena, di wilayah tersebut merupakan daerah yang berbahaya jika ada tsunami seperti yang diprediksi setinggi 29 meter.

“Jadi di sana ada jalur sungai yang langsung bermuara ke laut itu yang merupakan ‘tol’nya (akses masuk air) Tsunami. Itu juga berlaku dengan pantai yang landai (tidak ada tebing) kemungkinan dampaknya juga besar,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Mamuri, diperlakukan adanya mitigasi bagi Warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumawe.

“Warga perlu pendidikan mitigasinya. Jadi untuk mitigasi masih terus melakukan sosialisasi. Kami mencoba untuk mengedukasi masyarakat untuk melek bencana karena tinggal di daerah rawan. Disana juga ada space jumpa pers,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU