HomeKesehatanNLR Komitmen Memerangi Kusta dan Filaria di TTU

NLR Komitmen Memerangi Kusta dan Filaria di TTU

dr. Christina Widaningrum, M. Kes

KEFAMENANU,- Netherlands Leprosy Relief (NLR) lembaga internasional non pemerintah asal Belanda yang bergerak dibidang penanggulangan dan pengendalian kusta berkomitmen memerangi kusta dan filaria di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Komitmen NLR diwujudnyatakan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten TTU melalui dua Puskesmasnya yaitu Puskesmas Oelolok dan Maubesi menggelar sosialisasi dan pelatihan kelompok perawatan diri kusta dan filaria di Aula Kantor Desa Letmafo, Kecamatan Insana Tengah, Senin (7/6).

Terpantau 11 orang mantan penderita kusta dan 2 orang penderita filaria hadir dalam kegiatan tersebut.

Technical Advisor Lepsory Control NLR Indonesia, dr. Christina Widaningrum, M. Kes kepada wartawan mengatakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi mantan penderita kusta dan filaria akan terus digelorakan hingga benar-benar sembuh.

“Yang menderita kusta ada yang kakinya sudah bengkok, ada yang tangannya mati rasa. Yang filaria kakinya sudah rusak. Ini akan kita lakukan secara kontinu untuk mencegah terjadinya kecacatan lagi,”jelasnya.

Christina mengatakan, prinsip pencegahan
penyakit kusta adalah dengan cara rendam, gosok, cuci lalu oles.

“Prinsipnya bagian yang terkena penyakit direndam, dicuci, digosok lalu dioles minyak pada bagian yang sakit agar tidak keras dan kaku,”katanya.

Christina mengaku dalam kegiatan sosialiasi dan pelatihan itu, pihaknya juga bekerja sama dengan LSM Permata (perhimpunan mandiri kusta).

Ia berharap dengan pelatihan perawatan diri kusta maupun filaria tersebut, para mantan penderita kusta dan filaria semakin rajin merawat diri hingga betul-betul sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU