Dr Samahuddin di Ngopi Bone, Pemimpin Harus Terbuka dan Mendengar Aspirasi Masyarakat

15fc0619 345c 4a12 81cc 0daba2430b9d - Zonanusantara.com
Dr H Samahuddin salah satu bakal calon Bupati Bone tampil sebagai pembicara dalam acara Ngopi Bone dengan tema Ayo Memilih Pemimpin

BONE–Sabtu, 06 Juli 2024, Dr. H. Samahuddin, salah satu bakal calon Bupati Bone yang juga merupakan akademisi dari Banjarmasin, tampil sebagai pembicara dalam acara Ngopi (Ngobrol Pilkada) Bone yang diselenggarakan oleh boneku.com Sabtu, 06 Juli 2024. Acara tersebut berlangsung di Bunir Cafe dan dipandu oleh Bahtiar Parenrengi.

Tema yang diangkat dalam diskusi kali ini adalah “Ayo Memilih Pemimpin.” Dr. Samahuddin tampil bersama beberapa pembicara lainnya, termasuk Komisioner KPU Bone Divisi Data dan Perencanaan, Nuryadi Kadir; Komisioner Bawaslu Bone, Nur Alim; dan Akademisi dari IAIN Bone, Dr. Andi Sugirman, SH, MH.

Read More
Baca Juga :  Mahasiswa UNIM Bone Buat Sereal Inovatif untuk Cegah Stunting

Dalam paparannya, Dr. Samahuddin menyampaikan pandangannya tentang kepemimpinan yang ideal. Menurutnya, seorang pemimpin harus dicerminkan seperti pohon besar yang memiliki akar kuat, yang melambangkan integritas. “Konsep ideal secara politik, pemimpin itu harus terpercaya dan amanah, mendengar aspirasi masyarakat, dan mempunyai visi yang jelas,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa visi yang jelas sangat penting untuk menentukan arah pembangunan Bone ke depannya. Dr. Samahuddin juga menyoroti pentingnya akuntabilitas dalam pemerintahan. Menurutnya, tata kelola keuangan harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan agar tidak memicu tindakan korupsi. Ia mencontohkan permasalahan dasar seperti hak-hak ASN, THR, Gaji 13, dan TPP yang harus dikelola dengan baik.

Dr. Samahuddin juga memberikan pandangan kritis mengenai kepemimpinan di Bone yang menurutnya hampir menyerupai sistem monarki. “Pemimpin di Bone tidak boleh anti kritik. Pemimpin ke depan harus menjadi pemimpin bersama, melibatkan semua elemen dalam pengambilan kebijakan,” tambahnya.

Baca Juga :  Kasatpol-PP Bone, A. Akbar Memastikan Kesiapan Maksimal dalam Menghadapi Pemilu

Acara ini mendapat sambutan hangat dari para peserta yang hadir, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat Bone. Diskusi berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari peserta, menunjukkan tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap masa depan kepemimpinan di Bone.

Dengan kehadiran tokoh-tokoh penting dan pembahasan yang mendalam, Ngopi Bone kali ini berhasil menjadi forum yang memperkaya wawasan masyarakat tentang pentingnya memilih pemimpin yang memiliki integritas, visi, dan akuntabilitas yang kuat. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *