Connect with us

Berita

Inilah 5 Stadion Termegah di Eropa

Inilah 5 Stadion Termegah di Eropa, Zonanusantara.com – Dalam sepak bola modern, keberadaan sebuah stadion tentu sangat penting dan mutlak diperlukan. Selain menjadi tempat digelarnya pertandingan, stadion juga dapat menjadi objek wisata yang tak kalah seru seperti yang telah dilakukan negara-negara Eropa. Berikut ini daftar 5 stadion termegah di benua Biru Eropa:

5. Allianz Arena

Stadion termegah di Eropa

Stadion termegah di Eropa (Foto: Allianz Arena)

Allianz Arena merupakan stadion terindah di dunia saat ini. Keindahan yang lahir dari perpaduan antara seni artistik dan teknologi yang canggih. Stadion yang menjadi markas bagi raksasa Jerman Bayern Munchen dan TSv 1860 Munchen ini memiliki kapasitas 69.900 kursi.

Stadion ini diresmikan 30 Mei 2001 dan pernah menjadi tempat laga pembuka Piala Dunia 2006 di Jerman. Dikatakan indah karena warna lampu stadion yang selalu berganti warna. Bila dipakai oleh Bayern Munchen, maka warna stadionnya akan berwarna merah sesuai kostum pemain Bayern Munchen.

Begitu pun bila stadion dipakai oleh TSV Munchen maka stadion akan berwarna biru sesuai kostum TSV Munchen yang bercorak biru. Selain itu, bila dipakai pemain timnas Jerman maka warna stadionnya menjadi putih. Benar-benar teknologi yang canggih ala der panzer. Kini stadion yang dirancang oleh arsitek Swiss, Herzog & de Meuron ini telah sepenuhnya menjadi markas Bayern Munchen karena krisis keuangan di tubuh TSV Munchen.

4. Olimpico Roma

Stadion termegah di Eropa

Stadion termegah di Eropa (Foto: AS Roma)

Olimpico Roma yang menjadi markas klub raksasa Italia AS Roma dan SS Lazio ini berada di ibukota Italia, Roma. Walaupun begitu, stadion yang memiliki kapasitas 82.000 kursi ini menjadi milik pemerintah dan bukan klub. Stadion yang juga dikenal dengan sebutan Lo Stadio Olimpico ini menjadi stadion kelas satu UEFA. Olimpico Roma mencatat pernah menjadi tuan rumah partai final Liga Champion 2009 yang mempertemukan Barcelona FC vs Manchester United dengan skor akhir 2-0 untuk kemenangan Barcelona FC.

3. Old Trafford

Stadion termegah di Eropa

Stadion termegah di Eropa (Foto: Manchester United)

Stadion karya Archibald Leitch ini terletak di kota Manchester, Inggris dengan kapasitas 76.000 kursi. Old Trafford atau yang sering disebut Theatre of Dreams (julukan yang diberikan oleh Sir Bobby Charlton) menjadi markas bagi Red Devils, sebutan bagi Manchester United. Old Trafford merupakan stadion kelas satu UEFA dan pernah menjadi tuan rumah final Liga Champions antara AC Milan vs Juventus tahun 2003 silam.

Selain menjadi tempat berlaga para bintang lapangan hijau, Old Trafford juga menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan yang ingin melihat secara langsung kemegahan Old Trafford itu.

2. Santiago Bernabeu

Stadion termegah di Eropa

Stadion termegah di Eropa (Foto: Real Madrid)

Estadio Santiago Bernabeu yang bermarkas di Madrid, ibukota Spanyol menjadi base camp bagi Real Madrid FC, klub kebanggaan raja Spanyol. Stadion ini berkapasitas 80.400 kursi dengan kamar ganti pemain yang termegah di dunia.

Diresmikan sejak 14 Desember 1947 dan menjadi stadion kebanggaan masyarakat kota Madrid. Stadion buah karya Manuel Muñoz Monasterio, Luis Alemany Soler dan Antonio Lamelaini menjadi tempat pertandingan final Liga Champions 2010 antara Inter Milan vs Bayern Munchen yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 2-0.

1. Camp Nou

Stadion yang dikenal dengan nama Nou Estadi del Futbol Club Barcelona ini terletak di Avinguda Aristides Maillol, s/n. 08028, Barcelona City dengan kapasitas tempat duduk mencapai 98.800.  Nou Camp yang diresmikan pada 24 September 1957 ini menjadi markas bagi Barcelona FC atau tim Catalan kebanggaan kota Barcelona.

Hingga saat ini Estadio Camp Nou yang dirancang oleh Francesc Mitjans-Miró, Lorenzo García Barbon dan Josep Soteras Mauri ini telah menjadi stadion termegah dan terelit di benua Eropa.