Pj. Bupati Bone Buka Muscab IV Apdesi, Dorong Kolaborasi dan Persatuan Pasca Pemilihan

1963dd3d 2a3b 4b38 b98f bec7d2b2d10b - Zonanusantara.com

1215edb0 d422 4d47 b406 93e56ebb55c3 - Zonanusantara.com

BONE–Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bone menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) IV dengan tema “Mewujudkan Organisasi yang Sehat dan Bersama Apdesi Bone Kita Kuat.” Acara ini berlangsung di Novena Hotel pada Rabu, 10 Juli 2024.

Read More

Muscab ini dibuka langsung oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH, yang menyampaikan harapannya agar Apdesi Bone terus berperan aktif dalam pembangunan desa dan mewujudkan organisasi yang solid. Dalam sambutannya, Andi Islamuddin menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa dan kabupaten untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI Fraksi PAN Andi Yuliani Paris, anggota DPRD Provinsi Andi Irwandi Natsir, anggota DPRD Provinsi terpilih dari Partai Gerindra Andi Tenri Abeng Salangketo, dan anggota DPRD Kabupaten Bone A Muh Salam. Selain itu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bone juga turut hadir, menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Irfan Rahim, dalam laporannya mengatakan bahwa melalui Muscab ini diharapkan Apdesi dapat menjadi wadah bagi seluruh kepala desa untuk saling berbagi pengalaman dan informasi. “Kami berharap Apdesi kedepan bisa mengambil peran yang lebih besar dalam mensukseskan program pembangunan desa,” ujar Irfan.

Menurutnya, perubahan yang diinginkan di Kabupaten Bone sangat tergantung pada kontribusi aktif dari seluruh anggota Apdesi. “Kita semua ingin perubahan di Kabupaten Bone dan perubahan itu berada di tangan kita semua,” tambahnya dengan semangat.

Baca Juga :  Ketua DPD RI Dukung Layanan Telemedicine Diperluas ke Berbagai Daerah

Muscab IV Apdesi ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang evaluasi dan pemilihan pengurus baru, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam membangun desa yang lebih maju dan mandiri. Dengan sinergi yang kuat antara pemerintah desa dan seluruh elemen terkait, Apdesi Bone optimis dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Kabupaten Bone.

Sementara itu, Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH menegaskan pentingnya nilai-nilai musyawarah dalam setiap proses pengambilan keputusan. “Bermusyawarah mempunyai pijakan yang kuat, yang dipilih oleh orang berhak. Buka seluas-luasnya siapa saja yang bisa dipilih dan memilih, memberikan semua kesempatan,” ujar beliau dalam pidatonya pada acara Musyawarah Cabang (Muscab) APDESI Bone.

Andi Islamuddin menekankan bahwa proses pemilihan adalah bagian integral dari demokrasi, dan setiap individu yang terpilih harus mendapatkan dukungan penuh. “Yang terpilih harus diberikan support, karena dalam pemilihan pasti ada kalah dan menang. Pilihlah orang-orang yang bisa mewujudkan tema yang diangkat hari ini. Jadi, pilihlah yang pantas,” lanjutnya.

Beliau juga menggarisbawahi pentingnya persatuan pasca pemilihan. “Ketika ada terpilih, tidak boleh lagi ada perpecahan. Tugasnya kita yang terpilih, ketua dan pengurus, harus menyatukan persepsi dan mempersatukan baik yang tidak terpilih maupun yang tidak hadir di sini,” ujarnya dengan penuh semangat.

Andi Islamuddin mengingatkan bahwa inti dari pemerintahan adalah kesejahteraan masyarakat. “Nafas dari pemerintahan adalah bagaimana masyarakat sejahtera,” tegasnya, mengutip pepatah bijak dari leluhur, “Pappasena torioloe idi tomapparentah accueriwi to maegae,” yang berarti “Nasehat orang tua dahulu kepada para pemimpin agar dalam pengambilan kebijakan selalu mengikuti orang banyak,” katanya.

Baca Juga :  TNI-POLRI di Perbatasan Melakukan Aksi Penghijauan Hutan

Ia berharap Muscab kali ini mampu mengantarkan APDESI Bone menuju kejayaan. “Muscab bisa mengantarkan APDESI Bone berjaya. Pilihlah orang-orang yang terbaik. Mampu mewujudkan organisasi yang sehat,” tutup Andi Islamuddin, memberikan dorongan moral kepada seluruh peserta Muscab.

Plt Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bone, Andi Rasdi Sumange, yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Mappesangka, menyampaikan harapannya terhadap Musyawarah Cabang (Muscab) Apdesi yang digelar hari ini. Ia menekankan pentingnya persatuan di antara para kepala desa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh desa-desa di Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, Andi Rasdi menyampaikan bahwa Muscab ini merupakan momentum penting untuk memperkuat tali silaturahmi dan kerjasama antar kepala desa. “Kami berharap Muscab ini dapat mempersatukan para kepala desa di Kabupaten Bone. Dengan bersatu, kita akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada,” ujarnya dengan penuh optimisme.

Sebagai pemimpin yang visioner, Andi Rasdi Sumange juga menginginkan agar Apdesi menjadi organisasi yang lebih baik dan lebih efektif dalam menjalankan perannya. “Kami ingin Apdesi menjadi lebih baik lagi, lebih mampu dalam mendukung pembangunan di desa-desa, serta menjadi wadah yang efektif untuk menyuarakan aspirasi dan kebutuhan masyarakat desa,” lanjutnya.

Ia menegaskan pentingnya sinergi antara Apdesi dengan berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun lembaga lainnya, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Sinergi adalah kunci keberhasilan. Dengan terbangunnya kerjasama yang baik, kita dapat lebih mudah mencari solusi atas berbagai tantangan yang ada,” jelas Andi Rasdi. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *