SAKIP Award, Dinas Lingkungan Hidup Bone Raih Peringkat Tertinggi

ca87dd2b dc25 4594 86e8 5d91fcdaeb08 1 - Zonanusantara.com
Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Ketua Pengadilan Negeri kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Dray Vibrianto, SIP, MSi atas prestasinya meraih predikat tertinggi SAKIP tahun 2023

b318596a e031 47ad 8a70 a288e9ac6879 - Zonanusantara.com

BONE–Pemerintah Kabupaten Bone melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bone menggelar acara penghargaan untuk menghormati perangkat daerah yang menonjol dalam evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2023. Kegiatan yang dikenal sebagai SAKIP Award ini mempertimbangkan berbagai faktor dalam menilai kinerja, dan hasilnya menunjukkan prestasi gemilang dari beberapa lembaga.

Read More

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone menjadi yang terdepan dalam perolehan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan peringkat tertinggi, BB atau 79,25. Ini menandai dedikasi dan konsistensi mereka dalam menjalankan tugas-tugas yang mereka emban. Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Sekretariat Daerah dan Inspektorat Daerah Kabupaten Bone dengan predikat BB atau 78,95.

Prestasi tersebut tidak luput dari pengakuan Pj. Bupati Bone, yang mengapresiasi kinerja luar biasa dari perangkat daerah tersebut. Piagam Penghargaan diserahkan secara langsung kepada para pemenang, menegaskan penghargaan yang layak mereka terima atas kerja keras dan dedikasi mereka. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bone, Dray Vibrianto, SIP., MSi, menerima piagam atas nama lembaganya sebagai peraih juara Peringkat I. Sementara itu, Asisten III Setda Bone A. Yusuf, SIP., MSi, dan Inspektur Daerah Drs. H. Andi Muh. Yamin AT, MSi, menerima piagam masing-masing untuk peringkat II dan III.

Baca Juga :  SiCepat Ekspres Luncurkan Program Sanubari Business Plan Competition 2023

Penghargaan ini tidak hanya mengangkat martabat para penerima, tetapi juga memotivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pemerintah daerah Kabupaten Bone ke depannya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Bone, Andi Kumala Dewi, menyoroti pentingnya terus-menerus memperbaiki kinerja dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Andi Kumala mengungkapkan hasil penilaian internal menunjukkan mayoritas perangkat daerah telah mencapai nilai di atas 70 dengan predikat B dan BB.

Namun, Dewi menekankan bahwa pencapaian ini tidak boleh membuat mereka cepat berpuas diri. Bagi perangkat daerah yang mencapai nilai di atas 70, Dewi mengingatkan agar tetap terus berbenah diri. Sementara bagi yang masih di bawah 70 dengan predikat CC dan D, Dewi menegaskan perlunya meningkatkan upaya.

Baca Juga :  Bupati David Akan Abaikan Kades Korupsi

“Penting bagi kami untuk terus melakukan pembenahan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” ujarnya.

Pj. Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH, menyatakan bahwa meskipun Sistem Akuntabilitas Pemerintahan Kabupaten Bone telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada tahun 2023 dengan kenaikan nilai dari 67,9 menjadi 68,9, percepatan lebih lanjut diperlukan.

“Tujuan kami bukan hanya untuk mempertahankan kinerja, tetapi juga untuk melampaui harapan, untuk selalu melakukan sesuatu yang luar biasa,” tambahnya.

Pj. Bupati juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah atas dedikasi dan kerja keras mereka, sejalan dengan target kinerja dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bone, di mana nilai B menjadi tolok ukur untuk akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan.

“Reformasi birokrasi bukan hanya tugas Kementerian Dalam Negeri, tetapi tugas semua lembaga,” tandasnya.

Bone terus menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi birokrasi demi kesejahteraan masyarakat. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *