Semarak HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kota Padang, Kasatpol PP Bone Dorong Sinergi Antar Satpol PP se-Indonesia

3efd89c9 ce6c 4639 83cf aeacd2a1ae64 - Zonanusantara.com
Kasatpol-PP Kabupaten Bone H. Andi Akbar, SPd., MPd saat menhadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) seluruh Indonesia yang ke-62 berlangsung dengan semarak di Kota Padang, Sumatra Barat

BONE–Momentum penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) seluruh Indonesia yang ke-62 berlangsung dengan semarak di Kota Padang, Sumatra Barat turut dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone A. Akbar, S.Pd., M.Pd. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta dari seluruh penjuru negeri ini mengusung tema “Peran Satpol PP dalam menciptakan TrantibumLinmas Mendukung Pemilu Dan Pilkada 2024”.

fadf40a3 5291 46d6 89e9 f68e69bb2788 - Zonanusantara.com

Read More
Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Peringatan HUT Satpol dan Satlinmas berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 1 hingga 3 Maret 2024, dengan puncak peringatan pada tanggal 3 Maret di Lapangan Istana Gubernur Sumatra Barat.

Upacara puncak peringatan HUT Satpol PP kali ini menjadi momen bersejarah dengan kehadiran Bapak Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang bertindak sebagai Inspektur. Dalam sambutannya, Mendagri Karnavian menegaskan peran utama Satpol PP sebagai ujung tombak dalam menegakkan peraturan daerah, yang berbeda dengan tugas Polri yang lebih menitikberatkan pada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga :  Reformator Inovasi Layar Hatiku, Kadis Asman Ungkap Strategi Bone Jadi Daerah Tahan Pangan

Pentingnya keberadaan Satpol PP dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta melindungi serta menegakkan hukum, terutama dalam konteks Pemilu dan Pilkada, ditekankan oleh Mendagri Karnavian. Beliau menekankan bahwa kelancaran Pemilu 2024 tidak lepas dari peran Satpol PP, TNI, dan Polri.

Sebelum upacara puncak, dilaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satpol PP seluruh Indonesia di Padang pada tanggal 1-2 Maret 2024. Rapat ini diawali dengan pembukaan oleh Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Amran, sekaligus menjadi ajang apresiasi atas peran aktif Satpol PP dan Satlinmas dalam menciptakan ketertiban selama proses Pemilu.

Dalam rakornas tersebut, Amran menekankan pentingnya deteksi dini dan langkah preventif dalam menghadapi potensi gangguan trantibumlinmas selama pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Ia juga mengajak seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan profesionalitas dan integritas dalam menjalankan tugas.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini bukan hanya sekedar perayaan, tetapi juga momentum untuk menguatkan peran Satpol PP dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat, terutama dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada yang akan datang. Keberadaan mereka menjadi penjamin utama kelancaran proses demokrasi di tanah air.

Mengakhiri sambutannya, Amran menyerukan kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk berperan aktif dalam pengamanan serta antisipatif terhadap potensi gangguan Trantibum pada setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, sebagai bentuk komitmen dalam mendukung proses demokrasi yang berjalan lancar dan kondusif.

Baca Juga :  BPP Wilayah NTT Gelar Rapat Percepatan Alih Status Tanah Eks Milik Imigrasi Napan

Dalam perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas yang meriah se-Indonesia, Kasatpol PP Kabupaten Bone, H. A. Akbar, S.Pd., M.Pd, menyuarakan harapannya akan semakin solidnya koordinasi antara Satuan Polisi Pamong Praja di seluruh Indonesia.

“Kami berharap adanya koordinasi yang semakin solid dengan Satuan Polisi Pamong Praja se-Indonesia, baik sifatnya koordinasi horisontal maupun yang sifatnya vertikal ke Pusat, untuk dapat menunjang seluruh kerja dan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja khususnya di Kabupaten Bone dan Satpol PP Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar H. A. Akbar.

Melalui pelaksanaan Rakornas Satpol PP seluruh Indonesia, diharapkan terjalinlah silaturahmi dan koordinasi yang kuat antar berbagai Satuan Polisi Pamong Praja. Hal ini dianggap penting untuk saling menunjang kerjasama dan koordinasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas nasional tidak hanya menjadi momentum untuk bersukacita, namun juga sebagai panggung bagi para pemangku kepentingan dalam memperkuat sinergi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (*)

Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *