Home Ekonomi Yosef Benyamin, Pencinta Lingkungan Hidup

Yosef Benyamin, Pencinta Lingkungan Hidup

Yosef Benyamin

MAUMERE, Jarang pejabat giat dalam hal pengelolaan sampah. Padahal sampah ikut menyumbang kerusakan lingkungan dan polusi udara. Jika ada pejabat yang peduli sampah, Yosef Benyamin salah satunya.

Kepala Dinas Deperindag Koperasi dan UKM, Maumere, Nusa Tenggara Timur ini setia dan konsisten menjadi pelanggan Bank Sampah di daerah itu.

Sekretaris Bank Sampah Pasar Alok ( BSPA) Rohayati Sombo, mengatakan sejak Bank Sampah dibangun setahun yang lalu, Yosef Benyamin rutin menjual sampah di bank sampah.

“Ia latut dicontoh,” ucap Rohayati Sombo, Selasa (13/10).

Dijelaskan, kendati merupakan pejabat dengan eselen II, Yosef Benyamin tak pernah sungkan memungut sampah. Sampah tersebut kemudian dijual ke bank khusus sampah di Pasar Alok. Bahkan lanjut
Rohayati Sombo, pejabat tersebut bisa membeli emas dari hasil penjualan sampah.

“Biasanya setelah pak Kadis memilah sampah yang bakal dijual, ia langsung mengontak kami untuk mengangkut lalu menimbang sampah miliknya,” jelasnya.

Yosef Benyamin mengatakan hadirnya Bank Sampah seharusnya mengubah mindset masyarakat bahwa sampah tidak dilihat sebagai barang kotor. Jika dipilah dan dijual ke Bank Sampah akan mendapat uang atau emas.

“Sebagai Kepala Dinas saya harus beri contoh. Masyarakat kita ini tidak hanya mendengar apa yang dikatakan tetapi harus diikuti dengan contoh. Dengan demikian kita memberikan edukasi kepada masyarakat agar sampah rumah dipilah dan dijual ke Bank Sampah,” ujar Yosef.

Selain itu tambah Yosef memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara memilah sampah yang baik. Menurutnya keuntungan menjual sampah tidak hanya dari segi ekonomi keluarga tapi juga memberi andil dalam pembangunan lingkungan yang bersih dan sehat.

Informasi yang berhasil dihimpun, hingga kini jumlah nasabah hingga kini terdaftar 90 an orang. Dari jumlah tersebut 45 orang telah memiliki rekening bank sampah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU