HomeBeritaPaus Fransiskus Akan Pimpin Misa di Jakarta pada Kunjungan September 2020?

Paus Fransiskus Akan Pimpin Misa di Jakarta pada Kunjungan September 2020?

Paus Fransiskus akan pimpin misa di Jakarta
Paus Fransiskus akan pimpin misa di Jakarta (Foto: Euronews)

Paus Fransiskus Akan Pimpin Misa di Jakarta pada September 2020?, Zonanusantara.com – Paus Fransiskus direncanakan akan memimpin perayaan Misa Kudus di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta Pusat, selama kunjungannya yang diharapkan ke Indonesia pada bulan September mendatang, demikian diumumkan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).


Ketua KWI sekaligus kardinal ketiga Indonesia, Mgr. Ignatius Suharyo, mengatakan ada kemungkinan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia tersebut akan memimpin Misa di GBK, meskipun jadwal masih dalam pembahasan.

“Ada kemungkinan. Tim Vatikan berencana untuk datang ke Indonesia pada akhir Maret dan pengumuman resmi tentang jadwal dan kegiatan Paus akan diumumkan setelah itu,” ujar Mgr. Suharyo seperti dilansir dari The Jakarta Post pada Jumat (28/02/2020).

Selain memimpin misa, Paus direncanakan akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, serta dengan para uskup, imam, dan biarawati di Katedral Jakarta.

Sekretaris Jenderal dewan tertinggi kelompok Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU), Yahya Cholil Staquf, mengungkapkan bulan lalu bahwa Paus Francis berencana untuk mengunjungi Indonesia, serta tetangganya Timor Leste dan Papua Nugini, pada bulan September.

Dia mengumumkan rencana tersebut setelah pertemuannya dengan Paus Fransiskus di Roma pada 15 Januari lalu.


Paus Fransiskus baru-baru ini telah melakukan kunjungan ke Thailand dan Jepang dan sebelumnya menyatakan minatnya untuk mengunjungi Indonesia tahun ini.

Istana Negara dan Kementerian Luar Negeri RI juga telah mengkonfirmasi pada akhir Januari setelah mengetahui keinginan Paus asal Argentina itu. Presiden Jokowi juga telah menyampaikan undangan resmi kepadanya untuk mengunjungi Tanah Air.

Baca: Paus Fransiskus Jatuh Sakit Sehari Setelah Nyatakan Solidaritas untuk Penderita Corona

Kunjungan Paus yang diharapkan ke Indonesia tahun ini akan menyampaikan pesan harapan dan perdamaian bagi sekitar 7 juta umat Katolik dan pengikut agama lainnya di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Kunjungannya, jika itu terjadi, akan menandai ketiga kalinya seorang Paus Katolik datang ke Indonesia.

Sejarah mencatat bahwa mendiang Paus Paulus VI melakukan kunjungan singkat ke Jakarta pada tahun 1970, diikuti oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Selama kunjungan delapan harinya, Paus Yohanes Paulus II juga mengunjungi umat Katolik di Flores dan Timor Leste, yang pada saat itu dikenal sebagai Timor Timur karena masih di bawah pemerintahan Indonesia.

Sumber: The Jakarta Post


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU