Kecelakaan Meningkat: Erick Thohir Ajak Generasi Muda Jatim untuk Berkendara Aman

Kecelakaan Meningkat: Erick Thohir Ajak Generasi Muda Jatim untuk Berkendara Aman_zonanusantara.com
Menteri BUMN Erick Thohir/Istimewa

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengekspresikan kepeduliannya terhadap keselamatan generasi muda, khususnya di Jawa Timur.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat berbicara dengan sekitar 2.500 pelajar yang menghadiri acara “Gerakan Safety Riding for Young Generation” di Graha Sepuluh November ITS Surabaya, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Jawa Timur.

Read More

Acara ini diprakarsai oleh Jasa Marga dan Jasa Raharja dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda tentang berkendara roda dua secara aman.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kedua perusahaan tersebut. Gerakan Safety Riding ini telah berhasil digelar sebelumnya di Jabodetabek dan Jawa Barat.

“Saya sangat menyayangi kalian, generasi muda yang akan menjadi tulang punggung pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar menjaga diri sendiri, terutama saat mengendarai sepeda motor. BUMN hadir untuk masa depan kalian, untuk menjaga keselamatan kalian, dan untuk bersama-sama membangun bangsa, karena generasi muda sangat penting,” ujar Erick Thohir dalam siaran persnya Sabtu (9/9).

Baca Juga :  Kolaborasi Bersama Pemprov Jawa Barat, SiCepat Dukung Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai

Keprihatinan Erick Thohir terhadap keselamatan generasi muda di Jawa Timur muncul karena meningkatnya jumlah kecelakaan di provinsi tersebut.

Menurut data Ditlantas Polda Jatim, dari Januari hingga Agustus 2023, angka kecelakaan meningkat sebesar 70,12 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022. Selain itu, korban jiwa yang meninggal dunia akibat kecelakaan mencapai 965 orang di seluruh Jawa Timur.

Di sisi lain, data nasional selama periode 2020-2023 menunjukkan bahwa angka kecelakaan di Indonesia tidak pernah mengalami penurunan. Pada tahun 2020, terdapat 100.028 kasus kecelakaan di jalan, dengan 73 persen di antaranya melibatkan sepeda motor.

Kecelakaan Meningkat: Erick Thohir Ajak Generasi Muda Jatim untuk Berkendara Aman_zonanusantara.com
Istimewa

Angka kecelakaan tersebut meningkat sebesar 3,62 persen pada tahun 2021, dan hingga tahun 2023 yang berjalan, sudah mencapai 155 ribu kasus kecelakaan di jalan.

Baca Juga :  Yasir Machmud di Jakarta, Silaturahmi dan Persiapan Kuat untuk Pilkada Bone

“Oleh karena itu, Gerakan Safety Riding ini sangat penting agar kita semua, termasuk kalian, dapat tetap selamat. Kami, BUMN, hadir untuk membantu Indonesia menjadi pemenang dalam menghadapi transisi global dan tantangan ekonomi. Jadi, jagalah diri kalian, hindari kebut-kebutan, hindari mengemudi dalam kondisi mabuk, dan jauhi hal-hal negatif lainnya, karena masa depan Indonesia ada di tangan kalian,” tambah Erick Thohir.

Jasa Marga, sebagai inisiator program ini, berkomitmen untuk mendukung pencapaian target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam upaya menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban.

Gerakan Safety Riding for Young Generation diharapkan dapat memberikan edukasi kepada generasi muda tentang pentingnya berkendara dengan aman, serta mencapai penurunan angka kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan baik di jalan tol maupun jalan nasional.

Dengan upaya bersama, diharapkan keselamatan di jalan raya dapat meningkat, dan generasi muda Jawa Timur akan dapat berperan aktif dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih aman dan berkelanjutan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *