Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Paramadina, Prakarsai Workshop UMKM Setu Bersinar

IMG 20240613 085644 - Zonanusantara.com
Foto Pak Mathius Lay

Jakarta – Rabu, 12 Juni 2024 bertempat di Aula Kantor Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, telah dilaksanakan workshop UMKM Setu Bersinar dengan tema “Bangkitkan Ekonomi Berbasis Inovasi Pasar Menuju Desa Mandiri dan Percaya Diri”. Kegiatan ini di inisiasi oleh Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Paramadina dan Patriot Desa Kabupaten Bekasi. Workshop ini berlangsung dari pukul 08.30 sampai dengan 13.00 WIB, dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan Setu, Pemerintah Desa Tamansari dan Pemerintah Desa Kertarahayu, TP PKK Kabupaten Bekasi, Forum UMKM Kecamatan Setu, dan Pelaku UMKM dari Desa Kertarahayu dan Desa Tamansari Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

Narasumber kegiatan ini adalah Sekretaris TP PKK Kab.Bekasi selaku Keynote Speaker, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi serta Tim Kampus UMKM Shopee.

Read More
Baca Juga :  Akibat Corana19, Pelaku Usaha di Timor Menjerit

Dalam sambutannya Sekretaris TP PKK Kab. Bekasi Ibu Tri Handayani S.IP, M.Si mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan seperti ini tidak cukup hanya dilaksanakan di Kecamatan Setu saja.

“Terimakasih telah bersedia membuat kegiatan baik, saya apresiasi kegiatan baik ini, saya harap kegiatan ini tidak berhenti di Kecamatan Setu saja, tapi juga di Kecamatan lainnya, demi pemerataan pembinaan UMKM di Desa-desa di Kabupaten Bekasi”. Ucap Bu Tri Handayani dalam sambutannya.

Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang sedang konsen dengan upaya pemasaran digital. Seperti yang dikatakan oleh Bu Fatma salah satu peserta workshop.

“Pelatihannya cocok banget sama kami-kami yang lagi belajar digital marketing, karena kebetulan produk nya kita kan kebanyakan snack dan kerajinan tangan, jadi bisa awet kalau dipasarin online dikirim-kirim jauh ke luar kota, jadi sadar ternyata banyak peluang buat kami”

Baca Juga :  Partai Emas Siap Luncurkan Aplikasi Transportasi Online "Emas Jek"

Sependapat dengan Ibu Fatma, Mukhlis Abdillah Patriot Desa Kab. Bekasi menyampaikan hal serupa. Menurutnya pelatihan seperti ini selain untuk menambah wawasan pelaku UMKM, juga ditujukan untuk memotivasi pelaku UMKM agar mampu naik kelas.

“Saya berharap setelah mengikuti workshop ini, peserta makin termotivasi untuk menaikkan level usahanya, dari yang cuma jualan di sekitar Desa bisa jadi pengekspor produk Desa ke mancanegara. Bukan utopis, sudah ada banyak marketplace yang menawarkan kemitraan jenis ekspor untuk UMKM lokal” (Mathius Lay S. Pd, M. Pd)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *