Home Kesehatan Selama Pandemi Covid 19 Wisata Pantai di Malang Tutup

Selama Pandemi Covid 19 Wisata Pantai di Malang Tutup

Kepala Disparbud Pemkab Malang, Made Arya Wedanthara. (Toski D)

 

Malang,zonanusantara.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, sementara menutup semua obyek wisata pantai di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Made Arya Wedanthara mengatakan, penutupan tempat wisata pantai di sepanjang jalur lintas selatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang, dan untuk keamanan para wisatawan.

“Disana banyak pantai yang tidak ada tiket. Wisatawan hanya diberi tiket parkir saja tidak ada asuransi di sana. Kalau ada apa-apa ya kasihan pengunjung,” ungkapnya, saat dihubungi, Selasa (14/7).

Menurut Made, penutupan ini diberlakukan bagi semua pantai termasuk pantai Balekambang. Ia beralasan beberapa pantai tidak menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanganan Covid-19.

“Penutupan itu berlaku mulai Senin (13/7) kemarin hingga ada SOP dalam penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Made menjelaskan keputusan menutup wisata pantai juga untuk menghindari adanya klaster baru di wisata pantai. Semua wisata tersebut lanjutnya, akan dibuka setelah pihaknya menawarkan secara tertulis yang akan di verifikasi oleh tim satgas Covid-19.

“Setelah terverifikasi baru dilakukan pengecekan kelayakannya. Dari persiapan handsanitizer di sekitiar tempat pariwisata. Pemakaian masker dan lain-lain,” terangnya.

Made mengaku jika ada pengunjung yang terkena covid-19 atau pantai itu jadi kluster baru bisa ditutup tidak hanya seminggu tapi bisa hingga satu tahun.

“Dampak pasti ada, tapi lebih baik ditutup. Kita berupaya menutup siklus penyebaran Covid-19. Dalam penutupan pantai, kami akan menempatkan TNI-Polri atau Satpol PP,” pungkasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU