SMA Seminari St Rafael Kupang Lakukan Pemilihan Ketua Osis Periode 2024

SMA Seminari St Rafael Kupang Lakukan Pemilihan Ketua Osis Periode 2024_zonanusantara.com
Istimewa

KUPANG – Sekolah Menengah Atas Seminari Santo Rafael, Oepoi Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) periode 2024.

Rektor SMA Seminari St. Rafael Oepoi-Kupang, RD Christoforus Bano Taslulu membuka secara resmi pemilihan yang dilaksanakan di Aula SMASSTRA sebutan beken SMA Seminari St. Rafael Oepoi-Kupang, Rabu (31/1/2024).

Read More

Dalam arahannya, RD Christo mengatakan, Osis menjadi sarana untuk berorganisasi dan berproses menjadi pemimpin di waktu kedepan.

“Pemimpin negara hingga daerah semua anggota legislatif dan orang hebat berasal dari organisasi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lima Fakta Unik Se’i, Kuliner Khas NTT Yang Viral dan Bikin Nagih

Lanjut RD Christo menuturkan, dengan berorganisasi, setiap orang bisa belajar berorganisasi dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

“Siapapun yg terpilih sebagai pengurus Osis selamat bekerja,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Seminari St. Rafael, Oepoi-Kupang, RD Franky Kopong, Pr. menyampaikan, pemilihan Osis merupakan perwujudan atau implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta mengenal pentingnya demokrasi.

“Bagaimana kita belajar dan mempraktekan berdemokrasi. Ada nilai-nilai yang bisa kita ambil dari berdemokrasi. Ada nilai musyawarah mufakat, nilai transparan dan nilai integrasi,” ungkapnya.

RD Franky menyebut Pemilihan pengurus Osis mengusung tema ” Hadir Siap dan Selesai Tepat Waktunya”. Tema tersebut menjadi pedoman yang dipakai ketua Osis dalam memimpin selama menjabat.

“Tema ini artinya, seminari tidak mau ada yang tidak beres, harus selesaikan semua tugas yang dipercayakan, baik sebagai pengurus Osis maupun sebagai siswa,” tuturnya.

Baca Juga :  Inggil Resto Beroperasi dengan Konsep Bernuansa Sejarah Malang

RD Franky Kopong menambahkan, seorang pemimpin harus bisa memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain.

“Pemimpin tak harus selalu didepan, namun harus bisa memulai dari diri sendiri, setelah bisa memimpin diri sendiri secara otomatis bisa memimpin orang lain dalam sebuah organisasi, itulah pendidikan karakter,” ungkapnya.

Pemilihan ketua Osis diikuti tiga pasangan yakni Yeremias Kolli dan Destianus Amasanan (YES), Johanes Jemarut dan Santiago Huller (JAGO), serta pasangan Yohanes Tenga dan Marcelino Silab (RYVAL).

Ketiga pasangan diberikan kesempatan untuk berorasi menyampaikan visi misi kepada seluruh seminaris pemilih, serta guru dengan diberikan pertanyaan oleh tim yang terdiri dari guru dan diakhiri dengan pemungutan suara oleh para seminaris dan guru yang memiliki hak suara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *