HomeKesehatanVaksin Untuk Lansia Terkendala

Vaksin Untuk Lansia Terkendala

Abrani Mukti Wibowo

MALANG – Pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok lansia di Kabupaten Malang mengalami kendala. Banyak lansia tidak mau divaksin karena takut.


Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo mengatakan, berdasarkan data yang ada, lansia yang terdaftar sebanyak 65.000. Namun yang ikut vaksinasi hanya 10.650 orang.

“Yang ikut sekitar 5 persen saja. Padahal kami sudah siapkan vaksinasi di seluruh Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Untuk stoknya juga masih aman,” ucapnya, Kamis (3/6).

Menurut Arbani, adanya alasan minimnya partisipasi lansia ikut vaksin menjadi pekerjaan rumah. Apalagi lanjut dia banyak lansia takut divaksin.

“Banyak yang takut disuntik memilih di rumah, selain itu juga karena akses menuju ke Fasyankes yang cukup jauh dari rumah mereka,” jelasnya.

Dia menegaskan pihaknya sudah melakukan antisipasi, dengan menginstruksikan tenaga kesehatan (Nakes) untuk langsung hadir ke rumah para lansia.


“Ya kami jemput bola. Sudah kami lakukan seperti kemarin ada acara seminar hari Lansia kami lakukan vaksin juga dan dihadiri ratusan lansia,” tukasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU