AAP Serukan Kesadaran Lingkungan dalam Bimtek Rehabilitasi Hutan

60073ba7 55da 4de6 93b1 3fd777c0563f - Zonanusantara.com

54684bec fcdf 4e2d 8ba4 8465aba30f7a - Zonanusantara.com

BONE–Hotel Helios menjadi saksi dari berlangsungnya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang diselenggarakan oleh Lembaga Legislatif/DPR RI Sabtu, 08 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, SP, MM, yang menyampaikan pentingnya pengelolaan hutan yang baik untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Read More

Dalam paparannya, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin menekankan bahwa salah satu pemicu utama terjadinya bencana adalah pembabatan hutan yang terus-menerus, serta tambang-tambang ilegal yang melanggar peraturan. “Pengelolaan hutan harus dilakukan dengan baik. Kita harus terus melakukan penghijauan dan memastikan tambang-tambang ilegal tertangani dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Bone dan Ketua Dekranasda Ambil Bagian INACRAFT 2024 di Jakarta, Bone Perkenalkan Budaya Melalui Kerajinan!

Sebagai upaya konkret, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin mengungkapkan bahwa selama 10 tahun berkiprah di DPR, dirinya bersama tim telah berupaya maksimal dalam program penghijauan. “Kami telah membentuk 15 kelompok dengan masing-masing kelompok mendapatkan anggaran 100 juta untuk penanaman pohon, termasuk durian musangking yang sudah kami bagikan,” tambahnya.

AAP juga menyoroti pentingnya kesadaran lingkungan dan keseimbangan dalam pengelolaan lahan. “Di Bone, ada beberapa kawasan hutan yang dikuasai oleh rakyat namun belum ada pelepasan resmi. Kita harus memastikan tidak ada ketidakseimbangan dalam pemanfaatan lahan ini,” ujarnya. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak berlebihan dalam melakukan pembabatan di daerah pegunungan, meskipun minat terhadap penanaman jagung cukup tinggi.

Baca Juga :  Aksi Anggota Polisi di Malang Memantik Rasa Bangga

Namun, ia juga menggarisbawahi masalah harga jagung yang anjlok dan ketidakmampuan pemerintah daerah dalam menemukan solusi. “Seharusnya ada solusi dalam menyikapi Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Pemerintah daerah perlu memberdayakan perusahaan daerah secara maksimal untuk mengatasi masalah ini,” kata Dr. H. Andi Akmal Pasluddin.

Mengakhiri pidatonya, ia menekankan pentingnya memilih pemimpin yang mampu menjadi solusi bagi masyarakat. “Pemimpin yang baik harus mampu melayani dan memberikan solusi. Kita pilih bupati untuk melayani masyarakat,” tutupnya.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan akan tumbuh kesadaran dan komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan mengelola hutan serta lahan dengan lebih bijaksana. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *