Hari Jadi Bone ke-694, Panggung Kebanggaan Masyarakat Siap Dibangun Untuk Prosesi Mattompang Arajang

cf50e076 17d1 4622 bdeb 6eaea2e2413a - Zonanusantara.com

BONE–Drs. H. Andi Islamuddin, MH, selaku Penjabat Bupati Bone, mengumumkan bahwa rangkaian peringatan Hari Jadi Bone yang ke-694 telah dimulai dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Salah satunya adalah ziarah makam para raja Bone, baik yang berada di luar kabupaten maupun yang terletak di Jakarta.

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) penetapan Hari Jadi Bone (HJB), telah dijadwalkan rapat Paripurna pada tanggal 6 April 2024 mendatang. Sedangkan puncak acara HJB ke-694 direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2024.

Read More
Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Pj. Bupati Bone juga menyampaikan bahwa banyak tokoh-tokoh dari Kabupaten Bone yang telah sukses di luar daerah akan kembali ke kampung halaman untuk menyaksikan prosesi Mattompang Arajang. Oleh karena itu, ia menggarisbawahi pentingnya memaksimalkan persiapan untuk acara tersebut.

Baca Juga :  Juara II! SMPN 1 Watampone Memukau dalam Kompetisi Matematika Tingkat Nasional

“Dengan tersisanya waktu yang semakin sempit, saya mengharapkan agar persiapan pelaksanaannya segera dimulai,” kata Pj. Bupati Bone. “Terutama, pendirian panggung harus dilakukan dengan segera. Kegiatan Mattompang Arajang direncanakan akan dilaksanakan di pelataran rumah jabatan Bupati Bone.”

Peringatan Hari Jadi Bone yang ke-694 diharapkan menjadi momentum bersejarah yang menggugah kebersamaan serta semangat kebanggaan masyarakat Bone akan warisan budaya dan sejarah mereka.

Panitia HJB Seksi Panggung menggelar rapat penting di Aula Gedung Korpri Bone, Jl. A Mappanyukki, Kota Watampone Jumat, 22 Maret 2024. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Bone, Andi Muhammad Guntur, S.I.P.

Rapat ini bertujuan untuk memantapkan persiapan panitia dalam menyambut Hari Jadi Bone, terutama fokus pada kesiapan Seksi Panggung. Panggung ini dianggap sebagai ikon setiap tahunnya yang akan menjadi sorotan utama tamu Hari Jadi Bone ke-694, baik dari masyarakat Bone maupun undangan dari luar kota.

Andi Muhammad Guntur menyampaikan bahwa acara ini menjadi momen penting untuk menyucikan benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone yang berusia ratusan tahun. Acara “Mattompang Arajang” dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 20 April mendatang.

Baca Juga :  Jelang Masa Tenang, Bawaslu Bone Koordinasi dengan Forkopimda untuk Penertiban APK/BK

Panitia Seksi Panggung terdiri dari berbagai unsur, antara lain Kadis BMKCTR Bone, Kadis Pengelolaan SDA dan Bina Konstruksi Bone, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Bone, Kadis Kominfo dan Persandian Bone, Kadis PMD Bone, Kepala BPKAD Bone, Kepala Bappeda Bone, serta Camat Tanete Riattang.

Diketahui, peringatan Hari Jadi Bone akan dimulai dengan Rapat Paripurna Istimewa HJB ke-694 Tahun 2024 pada tanggal 6 April 2024. Sementara itu, kegiatan “Semarak Mattompang Arajang” atau pembersihan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2024.

Rapat ini menegaskan komitmen panitia untuk memastikan bahwa peringatan Hari Jadi Bone tahun ini akan berjalan lancar dan meriah, sekaligus mempersembahkan acara yang berkesan bagi masyarakat Bone serta para tamu yang menghadiri perayaan tersebut. (*)

Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *