Job Fair SMKN 4 Bone Pikat Perhatian Warga dan Dunia Usaha di Kabupaten Bone

2 Kepala UPT SMKN 4 Bone Andi Faisal S.Pd . M.Pd membangun MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Hipmi Bone scaled - Zonanusantara.com
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala UPT SMKN 4 Bone dengan DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kab. Bone, PT Permodalan Nasional Madani, Planet Cinema, dan Percetakan Damai.
Job Fair SMKN 4 Bone Pikat Perhatian Warga dan Dunia Usaha di Kabupaten Bone_zonanusantara.com
Job Fair SMK Negeri 4 Bone banjir pendaftar

BONE–Job Fair yang diadakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Bone Rabu, 25 Oktober 2023 telah mengundang sorotan dan animo tinggi dari masyarakat sekitar. Acara ini tidak hanya menjadi kesempatan emas bagi pencari kerja, tetapi juga menjadi momen penting dalam memajukan pendidikan dan dunia usaha di Kabupaten Bone.

Dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Bone, Drs. Andi Syamsu Alam, MPd, acara tersebut juga dihadiri oleh Tripika Kecamatan, Pengawas Pembina, Ketua MKKS SMA Kabupaten Bone Muhammad Tahir, SPd, MPd, Ketua Hipmi Bone, perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, serta para Kepala Sekolah SMA/SMK, Kepala SD, MI, dan SMP/MTs se Kecamatan Barebbo.

Read More

Tidak hanya sebagai Job Fair, acara ini juga merangkai Pameran Produk Kewirausahaan Pusat Keunggulan SMKN 4 Bone. Sebagai bagian penting dari acara tersebut, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara SMKN 4 Bone dengan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Salah satu highlight dari MoU ini adalah Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala UPT SMKN 4 Bone dengan DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kab. Bone, PT Permodalan Nasional Madani, Planet Cinema, dan Percetakan Damai.

IMG 20231025 094335 scaled - Zonanusantara.com
Ketua Panitia Pelaksana Sri wahyuni

Sri Wahyuni, Ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan bahwa SMKN 4 Bone merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Bone, dan tahun ini merupakan tahun kedua mereka melaksanakan SMK Pusat Keunggulan. “Kita telah menyelesaikan beberapa workshop, mulai dari penyelesaian industri, peningkatan kapabilitas guru, hingga pembentukan bursa kerja khusus SMKN 4 Bone, serta mendatangkan guru tamu dari industri,” ungkap Sri Wahyuni.

Salah satu fokus utama dari pusat keunggulan ini adalah pameran bursa kerja yang biasa disebut dengan job fair. Tujuan utama dari job fair ini adalah memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan perusahaan dalam satu lokasi, memungkinkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan mereka.

Baca Juga :  Kejari Kota Malang Mengecek Pembangunan PPS

Kegiatan job fair ini diikuti oleh sekitar 17 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari perbankan, pengkreditan, percetakan, pertanian, hingga usaha bengkel dan pengelasan. Hal ini menjadikan acara ini sebagai wadah bagi para pencari kerja untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan, dan sebaliknya, perusahaan dapat menyerap tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

SMKN 4 Bone juga menghadirkan 200 alumni yang siap mencari pekerjaan serta 100 siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Dengan begitu banyak pelamar dan peluang yang tersedia, Job Fair SMKN 4 Bone telah menjadi acara yang sangat dinanti-nantikan oleh warga Kabupaten Bone.

Acara ini tidak hanya memajukan pendidikan dan dunia usaha di daerah ini, tetapi juga membuktikan bahwa kolaborasi antara sekolah dan dunia usaha dapat menciptakan peluang yang bermanfaat bagi semua pihak.

1 Andi Faisal S.Pd . M.Pd - Zonanusantara.com
Kepala SMK Negeri 4 Bone, Andi Faisal SPd MPd

Kepala SMK Negeri 4 Bone, Andi Faisal SPd MPd, menjelaskan bahwa awalnya Job Fair ini dikhususkan untuk alumni SMKN 4 Bone, namun karena banyak pelaku industri yang tertarik, acara ini dibuka untuk umum. Bahkan, 18 pelaku industri siap menampung masyarakat Barebbo. Masyarakat yang hadir tak perlu lagi repot-repot menulis lamaran pekerjaan, karena Disnaker juga menyiapkan layanan kartu kuning.

SMKN 4 Bone dikenal sebagai SMK Pusat Keunggulan yang tidak hanya mencetak lulusan siap kerja, tetapi juga menyiapkan bursa kerja, sehingga siswa dapat langsung bekerja setelah lulus.

Selain Job Fair, acara ini juga menampilkan Pameran produk kreatif dari berbagai program keahlian, seperti produk las dan pertanian. Bahkan, SMKN 4 Bone memiliki rencana untuk memproduksi mesin pencacah sampah atau rumput di sekolah, termasuk mengolah sampah plastik menjadi paving blok. Ini semua sejalan dengan visi SMKN 4 Bone yang mengedepankan keunggulan, akhlak mulia, dan jiwa wirausaha.

Beberapa perusahaan terkemuka telah bergabung dalam acara ini untuk membuka lowongan pekerjaan, memberikan peluang karier bagi para pencari kerja. Perusahaan-perusahaan yang hadir antara lain PT. Bone Indah Assorajange, Mandiri Finance, Ivaro Ventura, Alfamidi, PT. NSS, PT. Permodalan Nasional Madani, Bank Mandiri, Bengkel Global Mandiri, Planet Cinema, Yamaha Suraco Jaya Abadi Motor, AZYIFHA BAN, 88 Group, PT. Harmoni Daya Mandiri, Rabica, PT. Karella Mart Indoretail, dan Percetakan Damai.

Baca Juga :  Pantau Logistik untuk Kesiapan Pemilu di Kabupaten Bone, Danrem 141/Tp: TNI dan Polri Siap Bantu Distribusi Logistik

Acara ini juga akan menyediakan layanan Penerbitan Kartu AK.1 (Kartu Pencari Kerja/Kartu Kuning) dan Penerbitan NIB (Nomor Induk Berwirausaha), serta layanan CEK GRATIS untuk motor Yamaha, service komputer, pengelasan, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Semua layanan dan kegiatan di acara ini GRATIS.

Job Fair dan Pameran Produk Kreatif ini menjadi wadah yang sangat penting bagi para pencari kerja untuk mengejar impian karier mereka dan juga untuk masyarakat sekitar yang ingin memanfaatkan layanan inovatif yang disediakan oleh SMK Negeri 4 Bone. Acara ini menandai komitmen SMKN 4 Bone dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat di daerah ini.

Drs. Andi Syamsu Alam, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Bone, memuji prestasi SMKN 4 Bone dan menegaskan bahwa sekolah ini telah berjalan seiring dengan perubahan kurikulum saat ini. Lebih lanjut, ia menekankan bahwa alumni SMKN 4 Bone memiliki keunggulan, yaitu kemampuan langsung terjun ke dunia kerja ketika mereka menyelesaikan pendidikan di sekolah ini.

Andi Syamsu Alam juga mengungkapkan keyakinannya bahwa SMKN 4 Bone telah menjadi pelopor dalam menghadapi perubahan kurikulum pendidikan. “Kami sangat bangga dengan pencapaian SMKN 4 Bone. Mereka telah membuktikan bahwa perubahan kurikulum dapat dijalani dengan sukses, dan ini memungkinkan para siswa untuk memiliki peluang pekerjaan yang lebih besar,” katanya.

Salah satu inovasi yang paling mencolok adalah bursa kerja yang diselenggarakan oleh SMKN 4 Bone. “Lewat bursa kerja ini, menjadi jalan bagi anak-anak kita untuk memperoleh pekerjaan sekaligus mempererat hubungan dengan dunia usaha kerja. Ini adalah langkah positif untuk mempersiapkan siswa kami menghadapi dunia kerja yang kompetitif,” tandasnya.

Prestasi SMKN 4 Bone dalam menghadapi perubahan kurikulum dan menyediakan kesempatan pekerjaan bagi alumni mereka telah menjadi contoh inspiratif bagi sekolah-sekolah lain di wilayah ini. Sekolah ini telah membuktikan bahwa dengan komitmen, kerja keras, dan adaptabilitas, pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih relevan dan efektif dalam mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang penuh tantangan. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *