Pasis TNI AD Pelajari Ketahanan Pangan di Bone, Dandim: Modal Dasar Pasis untuk Jabatan Strategis

88228bdb c21f 4c27 b964 d4e931105539 - Zonanusantara.com
Dandim 1407/Bone, Letkol Moch. Rizqi Hidayat Djohar bersama 12 Perwira Siswa (Pasis) berpangkat Mayor mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Studi Wilayah Pertahanan (KKL Studi Wilhan) Dikreg LXIV Seskoad Tahun 2024 di Kabupaten Bone.

BONE–Dalam rangka pemberdayaan Satuan Komando Wilayah (Satkowil) TNI Angkatan Darat dan mendukung program ketahanan pangan nasional guna mencapai swasembada pangan, sebanyak 12 Perwira Siswa (Pasis) berpangkat Mayor mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Studi Wilayah Pertahanan (KKL Studi Wilhan) Dikreg LXIV Seskoad Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dandim 1407/Bone, Letkol Moch. Rizqi Hidayat Djohar, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai ketahanan pangan kepada para Pasis. “Mereka juga didorong untuk mampu mengimplementasikan strategi yang efektif di wilayah tugas masing-masing di masa depan,” ujar Letkol Moch. Rizqi.

Read More
Baca Juga :  Obituari : Guru Jurnalis Humanis itu Telah Tiada

Tujuan utama dari KKL Wilhan ini adalah untuk mengumpulkan informasi dan data terkait ketahanan pangan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bone bersama Kodim 1407/Bone. Hasil dari kegiatan ini nantinya akan digunakan untuk memberikan saran dan masukan kepada Angkatan Darat agar Indonesia bisa mencapai swasembada pangan.

“Ini merupakan pembelajaran bagi Pasis, di mana mereka nantinya akan menduduki jabatan-jabatan strategis di wilayah. Kegiatan ini menjadi modal dasar mereka agar bisa langsung mengaplikasikan program pimpinan Angkatan Darat,” tambah Letkol Moch. Rizqi.

Lebih lanjut, Letkol Moch. Rizqi menjelaskan bahwa Angkatan Darat memiliki program unggulan seperti ketahanan pangan dan reboisasi atau bersatu dengan alam. “Perannya menjadi satu lingkup yang tidak bisa terpisahkan untuk mengangkat masyarakat yang ada di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Kata-Bijak Bestari dari Motivator

Selama kegiatan di wilayah teritorial Kodim 1407/Bone, selain melakukan dialog langsung dengan aparat pemerintahan serta masyarakat, para perwira ini juga melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa karya bakti. Kegiatan tersebut meliputi penebaran bibit ikan sebanyak 10.000 ekor ikan nila dan penanaman 200 bibit pohon keras seperti bibit pohon sukun, nangka, dan mangga.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi ketahanan pangan di Kabupaten Bone dan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Dengan adanya sinergi antara TNI AD dan pemerintah daerah, diharapkan Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu dekat. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *