Polda Sulsel Gelar Assessment Center Jabatan Kabag Polres, Evaluasi Kompetensi Pejabat Eselon IIIB

ad505ce2 feb7 45cd 9cac edd1ef63818b - Zonanusantara.com

MAKASSAR–Polda Sulsel kembali menggelar Assesment Center jabatan Kabag (eselon IIIB) Polres jajaran Polda Sulsel. Gelaran ini berlangsung selama dua hari di Gedung Assesment Center Polda Sulsel, Kamis-Jumat (13-14/6/2024).

Karo SDM Polda Sulsel yang diwakili oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda Sulsel AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K membuka secara resmi kegiatan Assessment Center ini.

Read More

AKBP Santiaji mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk mendapatkan calon pejabat sesuai kompetensi. Assessment Center menjadi penilaian yang terstandar guna menilai atau mengukur potensi dan prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan melalui beberapa simulasi / alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa asesor.

Baca Juga :  Sepak Terjang Prabowo Subianto dan Peluang Menang di Pilpres 2024

“Para asesi saya harapkan mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur AKBP Santiaji.

Assessment center yang digelar di Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan ini, diikuti oleh 12 asesi (peserta) yang diuji oleh 32 orang Asessor. Dari 32 asesor salah satunya Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si., yang ditujuk untuk memberikan penilaian terhadap calon pejabat Kabag Polres Eselon IIIB Jajaran Polda Sulsel.

Saat ditemui oleh awak media, mantan Kasubbag Renmin Satbrimob Polda Sulsel yang telah menjadi Asessor sejak tahun 2012 ini menyebutkan metode yang digunakan dalam Assessment Center. “Untuk kegiatan asessment center kali ini kita menggunakan tiga metode atau tools yaitu CAT Psikometri , diskusi tanpa pemimpin(LGD) dan wawancara (BEI),” jelas Danyon Ichsan.

Baca Juga :  KPK Menyerahkan Aset BUMN ke KASN

Komandan Ichsan juga mengatakan ada 5 (lima) kategori hasil Assessment Center yang akan diterima oleh para Asesi yaitu SMS ( Sangat Memenuhi Syarat), MS (Memenuhi Syarat), CMS (Cukup Memenuhi Syarat), MMS ( Masih Memenuhi Syarat), dan BMS ( Belum Memenuhi Syarat).

“Kami berharap semua peserta dapat memberikan hasil yang terbaik karena kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana potensi diri untuk mengemban suatu jabatan,” pungkas Danyon Ichsan.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *