Dukungan Pemkab Bone dan Kementerian Sosial RI Bagi Korban Jiwa, Santunan Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran Desa Manurunge Disalurkan

b4755bbf 5bfe 4fdd 81e4 f22fbc5cd7c4 - Zonanusantara.com
Penyerahan santunan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Drs. A. Mappangara, MM, kepada ahli waris korban kebakaran Indar Dewi disaksikan Kepala Desa Manurunge Kecamatan Ulaweng, Edol Kurniawan Idham.

BONE–Tragedi kebakaran yang melanda Desa Manurunge, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone pada tanggal 12 Oktober 2023, tidak hanya meninggalkan jejak hitam dari 8 rumah yang terbakar, tetapi juga merenggut korban jiwa. Namun, sorotan khusus dari pemerintah Kabupaten Bone dan Kementerian Sosial RI turut mengarah pada upaya pemulihan dan dukungan bagi keluarga korban.

Melalui usulan yang diajukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bone, Yuspiada Datsul, seorang warga Desa Manurunge, Kecamatan Ulaweng, yang menjadi korban kebakaran, mendapat perhatian khusus dari Kementerian Sosial RI. Santunan diberikan sebagai bentuk dukungan moral dan bantuan ekonomi untuk membantu proses pemulihan keluarga yang terkena dampak.

Read More

Penyerahan santunan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Drs. A. Mappangara, MM, kepada ahli waris korban atas nama Indar Dewi. Kepala Desa Manurunge Kecamatan Ulaweng, Edol Kurniawan Idham, turut hadir memberikan dukungan dan menyaksikan momen penting ini.

Drs. A. Mappangara, MM, dalam sambutannya menyatakan, “Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang mengalami musibah, seperti korban kebakaran di Desa Manurunge. Santunan ini bukan hanya sebagai bantuan materi, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas dari pemerintah terhadap warganya yang membutuhkan,” katanya.

Baca Juga :  Perjalanan Gemilang SDN 26 Watangpalakka, Dari Adiwiyata Provinsi ke Nasional di Bawah Kepemimpinan Hj. A. Harnani

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Drs. A. Mappangara, MM, menunjukkan respon cepat dan tanggap terhadap musibah yang menimpa warga setempat. Dinas Sosial Kabupaten Bone segera mengusulkan bantuan bagi warga terdampak, menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan maksimal.

“Hari ini, kita berhasil menyalurkan bantuan ini dengan jumlah total Rp15 juta langsung ke rekening ahli waris, yang telah ditransfer melalui Bank Mandiri,” ungkap Drs. A. Mappangara, MM.

Mantan Kadispeka ini menekankan bahwa lebih dari sekadar nilai materi, bantuan tersebut merupakan bukti nyata bahwa pemerintah Kabupaten Bone, khususnya Dinas Sosial, memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat yang terdampak bencana. “Ini adalah bentuk dukungan moral dan solidaritas kita,” tambahnya.

Dalam upayanya meningkatkan keterlibatan masyarakat, Drs. A. Mappangara, MM, mengajak warga Kabupaten Bone untuk lebih aktif melaporkan setiap kejadian musibah kepada pihak berwenang. “Kami berharap kepada seluruh masyarakat, jika mengalami musibah dengan korban jiwa, agar segera menyampaikan informasinya kepada kami. Ini penting agar kami dapat segera menindaklanjuti dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan,” tutur Drs. A. Mappangara, MM.

Pihaknya juga memberikan perhatian khusus kepada kepala desa, yang dianggap sebagai ujung tombak dalam proses pelaporan. “Teman-teman para kepala desa diharapkan menjadi jembatan utama agar masyarakat dapat dengan mudah melaporkan korban bencana, baik itu bencana sosial maupun bencana alam di Kabupaten Bone,” pungkas Drs. A. Mappangara, MM.

Penyerahan santunan ini diharapkan bukan hanya sebagai bantuan materi, tetapi juga sebagai contoh nyata tentang komitmen pemerintah Kabupaten Bone dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi beban psikologis dan ekonomi masyarakat yang terdampak musibah di tengah-tengah perjalanan pemulihan.

Baca Juga :  bank bjb MoU dengan KCIC Hadirkan Berbagai Produk, Jasa dan Layanan Perbankan

Kepala Desa Manurunge, Edol Kurniawan Idham, dengan tulus mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial dan pemerintah Kabupaten Bone atas perhatian luar biasa terhadap masyarakat yang terkena musibah. Bantuan yang diterima bukan hanya berupa nilai materi, namun juga menjadi simbol kepedulian yang sangat berarti bagi seluruh warga di desa tersebut.

“Terima kasih kepada Dinas Sosial dan pemerintah Kabupaten Bone atas perhatiannya terhadap masyarakat yang tertimpa musibah. Bantuan ini sungguh berarti bagi warga kami, dan menjadi tanda bahwa pemerintah tidak diam saat masyarakatnya membutuhkan pertolongan,” ungkap Edol Kurniawan Idham dengan rasa syukur.

Dalam keterangannya, Kepala Desa Manurunge menegaskan bahwa bantuan yang disalurkan oleh pemerintah Kabupaten Bone bukan hanya sekadar nominal, tetapi juga mencerminkan kepedulian yang mendalam terhadap kehidupan masyarakat di tingkat desa. “Pemerintah Kabupaten Bone betul-betul peduli terhadap warganya. Selaku pemerintah desa, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan dukungan ini,” tambahnya.

Bantuan yang diterima oleh warga desa Manurunge tidak hanya memberikan keringanan secara finansial, tetapi juga menumbuhkan rasa optimisme dan kepercayaan bahwa mereka tidak sendirian menghadapi musibah. “Ini bukan hanya tentang materi, tetapi lebih dari itu, ini tentang kebersamaan dan dukungan moral. Kami merasa didukung oleh pemerintah Kabupaten Bone,” ujar Edol Kurniawan Idham dengan penuh harap. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *