Musrenbang Kecamatan Tanete Riattang, Langkah Konkrit Menuju Pembangunan Berkelanjutan

c49cb228 098f 4d52 8580 c912e6018a07 - Zonanusantara.com
Asisten III Pemkab Bone H. A. Yusuf, SIP, MSi bersama dengan Camat Tanete Riattang Andi Zainal Wahyudi, SE, MSi dan Ketua Tim Penggerak PKK Tanete Riattang dalam kegiatan Musrenbang Tanete Riattang

BONE–Pemerintah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Tahun 2025. Acara ini diadakan di Novena Hotel pada Senin, 26 Februari 2024.

H. A. Yusuf, SIP, MSi, Asisten III Pemkab Bone yang mewakili PJ Bupati Bone dalam pembukaan acara tersebut menyatakan bahwa Musrenbang adalah kegiatan rutin dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Read More
Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Yusuf menyampaikan apresiasinya kepada para delegasi kelurahan yang bertugas mengawal aspirasi masyarakat di wilayahnya masing-masing, serta kepada anggota dewan yang hadir dalam acara tersebut. Dia menekankan pentingnya Musrenbang sebagai kegiatan tahunan yang tidak sekadar formalitas, namun didasari oleh berbagai regulasi seperti Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, dan berbagai peraturan lain yang mengatur tata cara perencanaan pembangunan.

Yusuf juga mengungkapkan beberapa hal strategis yang akan menjadi fokus Pemerintah Daerah, termasuk upaya pengendalian inflasi, stunting dan penurunan angka kemiskinan sebagai bagian dari program kemiskinan ekstrem. Dia mengakui bahwa pembangunan di tahun-tahun sebelumnya terbatas karena keterbatasan anggaran dan alokasi dana untuk pelaksanaan pemilu dan Pemilukada. Oleh karena itu, diharapkan tahun 2025 dapat menjadi momentum untuk kembali ke kondisi normal dan melanjutkan pembangunan secara optimal.

Baca Juga :  Kata Mereka tentang Hari Jadi Bone

“Musrenbang ini diharapkan dapat menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan daerah yang lebih baik untuk Kabupaten Bone pada tahun 2025,” tandasnya.

Andi Muhammad Salam anggota DPRD Kabupaten Bone mewakili Pimpinan DPRD Bone mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan pelatihan yang tersedia di Balai Latihan Kerja (BLK) Bone. Sejak periode 2019-2024, kecamatan TR mencatatkan jumlah anggaran terbesar setiap tahunnya, memunculkan tantangan dalam menanggapi berbagai usulan prioritas masyarakat.

Sebagai perwakilan dari DPRD Kabupaten Bone, menekankan pentingnya memanfaatkan pelatihan yang tersedia di BLK Bone sebagai instrumen utama dalam membangun pemberdayaan masyarakat.

Pendekatan ini diambil untuk memastikan bahwa usulan prioritas masyarakat dapat terakomodir dengan sebaik-baiknya. “Kami akan terus memperjuangkan usulan prioritas masyarakat dan siap menampung aspirasi mereka,” tambahnya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki DPRD adalah Hak Budgeting, yang memberikan mereka peran kunci dalam proses penentuan anggaran. “Anggaran tidak dapat disahkan tanpa persetujuan dari DPRD, dan kami bertekad untuk memastikan bahwa anggaran tersebut mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat secara adil,” tegas Andi Muhammad Salam.

Sementara itu, Camat Tanete Riattang, Andi Zainal Wahyudi, SE, MSi, menegaskan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak terutama tim Kelurahan. Dalam pernyataannya, bahwa apa yang disampaikan dan dirasakan pada hari itu merupakan representasi dari perjuangan teman-teman lurah dan tim Kelurahan.

Baca Juga :  Pemkot Malang Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana Dihadiri Kapolresta Malang Kota

“Musrenbang ini merupakan akhir dari sebuah perjuangan teman-teman Kelurahan. Apa yang kita sampaikan di sini, apa yang kita hadirkan di sini, apa yang kita rasakan pada hari ini, sebenarnya adalah representasi dari perjuangan teman-teman lurah, perjuangan teman-teman tim Kelurahan,” ujar Camat Andi Zainal Wahyudi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan kedua setelah Musrenbang tingkat Kelurahan selesai dilaksanakan. Musrenbang ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa perencanaan pembangunan berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Bone.

Camat Andi Zainal Wahyudi juga menyampaikan harapannya terhadap kemajuan ekonomi dan keuangan Kabupaten Bone. “Alhamdulillah, mudah-mudahan kekuatan ekonomi dan keuangan Kabupaten Bone semakin baik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, usulan-usulan prioritas yang telah ditetapkan dalam Musrenbang ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Kehadiran semua stakeholder dalam kegiatan ini diapresiasi, dan diharapkan dapat terus bersinergi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di kecamatan Tanete Riattang.

Dengan demikian, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tanete Riattang sukses dilaksanakan, membawa harapan akan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat ke depannya. (*)

Ketua DPRD Kab. Bone Irwandi Burham,SE.MM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *