HomeSosial BudayaPemotongan Hewan Kurban di Masjid Babul Hidayah, Patuhi Protkes

Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Babul Hidayah, Patuhi Protkes

H.Darul Qotmi

MALANG – Hari Raya Kurban serentak dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Meski di tengah ancaman pandemi Covid19 perayaan Idul Adha tetap berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes).


Pantauan wartawan di RT 11 RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Kota Malang,
panitia kurban Masjid Babul Hidayah menyembeli enam hewan kurban yang terdiri dari dua ekor sapi dan  empat ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban itu dilaksanakan dibelakang Masjid Babul Hidayah di jalan IR. Rais Gg 14. Panitia menggunakan masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer sebagai langkah pencegahan covid 19.

Ketua panitia pelaksana kurban, H.Darul Qotmi menjelaskan, kegiatan yang digelar rutin setiap tahun itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, kata dia, panitia menyembelih hewan qurban sebanyak dua ekor sapi dan empat ekor kambing.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah hewan kurban yang kami terima mengalami peningkatan. Kalau tahun sebelumnya hanya 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing, namun tahun ini sebanyak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing,” kata dia, Selasa (20/7).

Prosesi penyembelihan hewan kurban jamaah Masjid Babul Hidayah, RT 11 RW 04, Tanjungrejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Daging hewan-hewan kurban tersebut dibagikan kepada warga sekitar masjid. Di antaranya, warga RT 1 RT 10, RT 11 dan RT 14 wilayah RW 04, Kelurahan Tanjungrejo.


Dikatakannya, hewan kurban tersebut berasal dari jamaah perorangan dan ada pula gabungan beberapa jamaah. Seperti, hewan qurban 2 ekor sapi, itu merupakan hewan qurban dari 14 orang jamaah.

“Setelah hewan kurban disembelih, kemudian dipotong potong dan jumlahnya 350 kantung dibagikan kepada warga yang berhak menerima daging qurban tersebut,” bebernya.

Menurut dia, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 hijriah, tepat pukul 08.00 WIB.

Ketika disinggung masa pandemi covid – 19 ini, Dahrul pun mengaku bahwa sebelumnya panitia sudah melakukan himbauan kepada warga agar tidak melihat pelaksanaan penyembelihan.

“Alhamdulillah warga tidak datang untuk melihat penyembelihan. Sebelumnya memang telah kami himbau agar warga tetap berada di rumah saja. Cukup kami selaku panitia kurban yang bekerja dan membagikan daging kurban ke warga,” pungkasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU