Wilayah Malang Diterjang Bencana Longsor dan Banjir

IMG 20220911 WA0014 - Zonanusantara.com
Trans terputus akibat terjangan banjir
IMG 20220911 WA0014 - Zonanusantara.com
Trans terputus akibat terjangan banjir

MALANG – Bencana tanah longsor disertai angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Malang sepanjang Sabtu dan Minggu (11/09/2022) pagi.
Informasi yang diperoleh Kecamatan Ampelgading paling berdampak akibat terjangan “air bah” selama dua hari ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan, saat dikonfirmasi awak media, membenarkan kejadian tersebut.

Read More

“Iya, selain banjir juga terjadi longsor di beberapa titik. Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC BPBD) berada di lokasi kejadian tanah longsor di Ampelgading,” katanya, Minggu (11/09/2022).

Baca Juga :  Pesparani Bertujuan Mengembangkan Kreatifitas,Seni Budaya yang Mengandung Nilai nilai Kekristenan

Sadono mengatakan, peristiwa tanah longsor yang dipicu dari curah hujan tinggi tersebut terjadi di jalan penghubung antara Desa Lebakharjo dan Desa Purwoharjo Kecamatan Ampelgading.

“Titik longsor terjadi di Purwoharjo menuju Lebak (Desa Lebakharjo). Tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Warga beserta relawan dan petugas BPBD Kabupaten Malang mengevakuasi material lumpur yang menutup akses jalan,” jelasnya

Akibat tanah longsor tersebut, lanjut Sadono, akses jalan penghubung yang ada di Desa Lebakharjo dan Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang sempat lumpuh akibat tertutup pohon tumbang.

“Saat ini masih proses padat karya, pembersihan bersama warga,” tukasnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan Sungai Panguluran di Desa Sumberagung dan Kedung Banteng meluap.

Baca Juga :  Pj Bupati Bone dan Ketua Dekranasda Ambil Bagian INACRAFT 2024 di Jakarta, Bone Perkenalkan Budaya Melalui Kerajinan!

Akibatnya, akses jalan dan beberapa rumah warga yang ada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang tergenang air, bahkan akses jembatan menuju Sendang Biru juga tergenang air dengan ketinggian sekitar setengah meter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *