Wisuda dan Purna Siswa Madrasah Aliyah Al Ma’arif Bilae, Kukuhkan Generasi Penerus Berkualitas

SEREMONI scaled - Zonanusantara.com

BONE–Sabtu, 29 Juni 2024, menjadi hari bersejarah bagi Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae. Di Sentosa Ballroom Hotel Novena, Jl. Ahmad Yani Watampone, digelar Wisuda dan Purna Siswa Madrasah Aliyah Al Ma’arif Bilae serta Raudhatul Athfal Al Ma’arif Bilae. Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh Direktur Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae, Camat Awangpone, Kasi Pontren Kementerian Agama Bone, Kepala KUA Awangpone, orang tua siswa-siswi, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae, Syahruddin, S.Pd.I, menyampaikan bahwa tahun ini Madrasah Aliyah Al Ma’arif Bilae meluluskan 34 siswa-siswi. Lulusan tersebut terdiri dari siswa kelas reguler dan kelas tahfidz. Syahruddin mengungkapkan harapannya agar para siswa yang telah diwisuda dapat menjadi agen perubahan bangsa, yang berprestasi, berakhlak mulia, tangguh, mandiri, dan kreatif.

Read More

“Melangkah maju ke depan dalam menggapai cita-citanya, Insyaa Allah kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras,” ucap Syahruddin penuh optimisme. Ia juga berharap agar kegiatan wisuda dan purna siswa di tahun-tahun mendatang dapat diikuti oleh lebih banyak peserta. “Insyaa Allah tahun depan akan dilaksanakan lagi Wisuda Tahfidz 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz, kemudian diikuti Purna Siswa Kelas Reguler MA Al-Ma’arif Bilae dan Purna Siswa RA Al-Ma’arif Bilae,” tambahnya.

Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae berkomitmen untuk melahirkan generasi Qur’ani yang berakhlak mulia, unggul dalam akademik, dan berprestasi di bidang olahraga. Meski mondok di pesantren, para siswa tetap dibekali dengan kemampuan teknologi dan informasi yang mumpuni. Harapan besar ini didukung penuh oleh seluruh pihak yang hadir, termasuk para orang tua yang selalu memberikan dukungan terbaik untuk putra-putri mereka.

Baca Juga :  Pemkab Malang Dirikan Enam Dapur Umum Untuk Korban Gempa

Acara wisuda ini bukan hanya menjadi momen bahagia bagi para siswa, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan penguatan komitmen bersama untuk terus mendukung pendidikan berbasis pesantren yang modern dan berdaya saing tinggi. Dengan semangat “School of Transformation,” Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae bertekad untuk terus mencetak generasi penerus bangsa yang siap menghadapi tantangan zaman.

Dalam momen yang bersejarah ini, Direktur Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae, Dr. Rahmatunnair, S.Ag., M.Ag., memberikan sambutan yang menyentuh hati dan memberikan motivasi kepada para santri yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di pesantren tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Rahmatunnair menyampaikan rasa bangga dan syukur kepada para santri. “Saya mengucapkan selamat kepada anak-anakku semua yang telah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae. Jangan pernah berhenti belajar, dan lanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dr. Rahmatunnair menekankan pentingnya pendidikan yang berkelanjutan, mengingatkan para santri bahwa dalam Islam, kewajiban menuntut ilmu tidak terbatas pada usia tertentu. “Kalau undang-undang kita menyebutkan wajib belajar 9 tahun, tapi dalam Islam itu bukan 9 tahun, tapi seribu tahun dan seterusnya. Utlubul Ilma Minal Mahdi Ilal Lahdi. Artinya tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat,” jelasnya, mengutip hadis yang sangat dikenal.

Tidak lupa, Dr. Rahmatunnair juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina dan guru di Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae atas dedikasi dan pengabdian mereka. “Saya juga ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada para Pembina Guru di Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae yang telah memberikan dedikasinya, mewakafkan dirinya untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita semua,” ujarnya dengan tulus.

Beliau yakin bahwa pengabdian para guru tidak akan sia-sia, baik di dunia maupun di akhirat. “Saya yakin dan percaya bahwa semuanya itu tidak sia-sia bukan hanya di dunia kita mendapatkan imbalannya, tapi Insyaa Allah di akhirat kita mendapatkan imbalannya juga,” tambahnya.

Baca Juga :  Rapat Perdana Banten Siap Sosialisasi Pro Puan Maharani

Di akhir sambutannya, Dr. Rahmatunnair menyampaikan harapan agar Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae terus berkembang dan memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan. “Jangan pernah lelah untuk mengabdi, Insyaa Allah, Allah swt akan memberikan hidayahnya kepada kita semua sehingga Pondok Pesantren kita ini akan senantiasa mengalami perkembangan dari masa ke masa,” tutupnya dengan penuh harapan.

Kepala Seksi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Bone, Salahuddin Siata, S.Ag., MM, mengawali sambutannya dengan penuh apresiasi terhadap kegiatan Wisuda dan Purna Siswa Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif. Dalam kesempatan yang penuh haru ini, beliau menyampaikan kebanggaannya atas banyaknya prestasi yang berhasil diraih oleh Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae.

“Alhamdulillah, pada hari ini kegiatan Wisuda dan Purna Siswa Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae, saya sangat merasa bangga mendengarkan tadi begitu banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh MA Al Ma’arif Bilae. Pondok Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae bukan kaleng-kaleng atau tidak diragukan lagi, kualitasnya luar biasa dengan berbagai prestasi-prestasi yang diraihnya,” ujar Salahuddin.

Salahuddin juga menekankan pentingnya pendidikan di pondok pesantren ini dalam membentuk pemimpin masa depan. “Siswa-siswi Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae nanti akan disiapkan menjadi pemimpin masa depan kita. Maka dari itu, anak-anakku semua baik dari RA maupun dari alumni Madrasah Aliyah, saya berpesan jangan pernah menghentikan bermimpi tapi jangan hanya sekedar mimpi, jadikanlah mimpinya itu menjadi kenyataan olehnya itu saya pesan jangan berhenti belajar sampai disini, lanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi,” tandasnya.

Dengan semangat yang menginspirasi, kegiatan Wisuda dan Purna Siswa hari ini tidak hanya menjadi momen bersejarah bagi para siswa, tetapi juga menyemangati mereka untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi masyarakat. Semoga Pesantren Modern Al Ma’arif Bilae terus berjaya dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berintegritas tinggi untuk masa depan yang lebih baik. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *