HomeHukum & KriminalKNPI Kota Batu Menyatakan Sikap Atas Dugaan Kekerasan dan Seksual Sekolah SPI

KNPI Kota Batu Menyatakan Sikap Atas Dugaan Kekerasan dan Seksual Sekolah SPI

Yuniar Ariffiandy

BATU, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Batu menyatakan sikap terkait dugaan kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi beberapa waktu lalu di Sekolah SMA SPI.


Pernyataan itu di sampaikan Ketua DPD KNPI Kota Batu Yuniar Ariffiandy dalam siaran persnya di Jalan DPD KNPI Kota Batu berlokasi di Jalan Ikhwan Hadi No.23, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Kamis (10/6).

Yuniar mengatakan bahwa segala hal kejadian asusila adalah tindakan yang tidak dibenarkan oleh hukum Negara maupun Agama.

Menurutnya, “Pelaku harus diberi sanksi setegas mungkin sebagaimana hukum negara yang berlaku.”

Selain itu, Pria yang akrab di panggil Nawi itu juga menambahkan bahwa Aparat Hukum harus segera mengambil tindakan cermat dan lugas atas adanya dugaan pelecehan seksual di SPI Kota Batu.

“Tidak hanya terhadap pelaku, namun sistem pembelajaran yang terdapat di sekolah tersebut juga harus ditelaah ulang. Hal ini agar menutup ruang kesempatan lainya pada kemungkinan kasus yang sama,” ungkap Yuniar.


Ia juga menambahkan, “Jika nantinya kasus tersebut dinyatakan terbukti dan benar adanya oleh hukum, maka hal ini akan menjadi preseden buruk kesekian dari kasus-kasus sebelumnya yang pernah terjadi di Kota Batu, ini menandakan bahwa perilaku amoral terhadap anak masih tinggi dan menggejala.”

Di tegaskannya pula bahwa Kejadian ini tentu menciderai Kota Batu yang pernah mendapat penghargaan Kota Layak Anak berpredikat Madya di tahun 2019 lalu.

“Pada konteks ini juga akan menjadi catatan bawah sesungguhnya pemerintah belum mampu menuntaskan secara tepat dan kongkrit,” ungkapnya.

Yuniar juga menyatakan bahwa KNPI Kota Batu menghormati serta mendukung penuh seluruh proses hukum yang berjalan, termasuk Komnas PA yang tengah memperjuangkan para korban asusila melalui jalur hukum.

“Harus segera terusut, sehingga pelaku segera mendapat hukuman, dan para korban mendapatkan perlindungan yang layak,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat menyikapi kejadian tersebut dengan cermat dan tenang.

“Atas kejadian ini, KNPI Kota Batu mengajak masyarakat khususnya kalangan pemuda agar menyikapi dengan cermat dan tenang, tunggu putusan hukum, dan lebih penting lagi bersama-sama kita ciptakan Kota Batu yang kondusif, aman dan nyaman bagi siapapun, utamanya pada kalangan anak maupun pelajar, mari mulai dari lingkungan kita masing-masing,” pungkas Yuniar. (Gus)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU