HomeSosial BudayaPerguruan Tinggi Kristen di Tarutung Sumut, Menuju Perubahan Status Universitas

Perguruan Tinggi Kristen di Tarutung Sumut, Menuju Perubahan Status Universitas

Perguruan Tinggi

Yarwdi Waruwu

JAKARTA, – Perguruan Tinggi Kristen, dengan nama Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) kini hadir di Kota Tarutung, Sumatera Utara (Sumut). Kampus berlabel agama Kristen ini letaknya hanya 53 kilometer dari Muara, satu dari rangkaian Destinasi Wisata Dunia, Toba Caldera Geopark yang secara resmi telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, dua tahun silam.

Namun bagaimana kisah pendiriannya, berikut penuturan seorang cendekiawan muda Kristen asal Taurutung, Yaredi Waruwu yang dirangkum zonanusantara.com berikut ini.

Pendirian kampus IAKN kini sedang diperjuangkan statusnya ke pemerintah pusat menjadi sebuah universitas oleh sejumlah elit di daerah itu, termasuk jajaran civitas akademika di kampus tersebut.

Menurut Yaredi Waruwu, berdasarkan pemaparan Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI pada Konferensi Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Indonesia (BMPTKKI) pada pada  Agustus 2019.  Pada saat itu kata Tenaga Ahli di Komisi VIII DPR RI, bahwa ada gagasan perluasan mandat penyelenggaraan pendidikan tinggi Kristen melalui perubahan bentuk sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2014 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan.

Menyikapi hal tersebut, Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung membentuk tim transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN (Universitas Kristen Negeri) Tarutung sekaligus melaksanakan kajian awal melalui penyelenggaraan Froum Group Discussion (FGD) penyusunan propasal UKN Tarutung transformasi dari IAKN menjadi UKN pada 30 September hingha 2 Oktober 2019 dengan menghadirkan pakar Transformasi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

“Proposal transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung setelah mendapatkan penilaian dengan peringkat B (Direkomendasikan) diserahkan kepada Direktur Jenderal Bimas Kristen untuk selanjutnya diteruskan kepada Biro Ortala Setjen Kemenag RI,” kata Yaredi Waruwu, Sabtu (29/5).

Dikatakan Menteri Agama menyampaikan usulan perubahan bentuk dua perguruan tinggi keagamaan Kristen negeri kepada Menpan-RB dengan Surat Nomor : R-389/MA/OT.00/10/2019 perihal Usul Perubahan Bentuk IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung pada 11 Oktober 2019.

Desakan sejumlah pihak mengenai perubahan status dari institut menjadi universitas dinilai sangat urgen. Yaredi Waruwu yang juga intelektual muda Kristen Sumatera Utara, menegaskan, IAKN Tarutung merupakan satu-satunya perguruan tinggi milik Kementerian Agama yang berlokasi di wilayah Indonesia Bagian Barat.

Karena itu ia meminta Presiden Joko Widodo agar berkenan memberikan diskresi atas permohonan perubahan bentuk atau transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung dengan tujuan untuk perbaikan kualitas kapasitas SDM dan lahirnya SDM unggul, maju, profesional, handal, berkarakter dan kompetitif yang kelak menjadi lokomotif penggerak percepatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia pada umumnya dan khususnya generasi muda yang akan menjadi angkatan kerja dan pelaku dunia ekonomi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU