Kejaksaan Negri Kota Malang Mengedukasi Masalah Hukum Melalui RRI Pro 1 Malang

IMG 20240614 111018 - Zonanusantara.com
Foto istimewa

Malang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang kembali menyelenggarakan program edukasi hukum “Jaksa Menyapa” di RRI Pro 1 Malang, dengan tema Mekanisme Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan pada Kamis 13 Juni 2024.

Kepala Kejari Kota Malang, Rudy H. Manurung, S.H., MH. melalui Kasi Intelijen Dr. Eko Budisusanto, S.H., M.H., mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara pengelolaan barang bukti dan barang rampasan dalam proses hukum pidana. Hal ini penting untuk diketahui masyarakat agar terhindar dari penyalahgunaan dan kebingungan terkait barang-barang tersebut.

Read More
Baca Juga :  Berkas Perkara, Kasus Penipuan Jual Beli Hotel Dilimpahkan Ke Pengadilan

Dijelaskan bawah pengelolaan barang bukti dan barang rampasan merupakan bagian penting dari tugas dan fungsi Kejaksaan. “Pengelolaan barang bukti dan barang rampasan harus dilakukan secara profesional, transparan, dan akuntabel,” ujar Dr. Eko Budisusanto, S.H., M.H. “Kami ingin memastikan bahwa barang-barang tersebut dikelola dengan baik dan tidak ada penyalahgunaan.”

Para Narasumber tersiri dari adalah Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R), Muhammad Bayanullah, S.H., M.H.,M.Kn. dan Jaksa Fungsional, Umarul Faruq, S.H.,M.H. menjelaskan secara detail tentang mekanisme pengelolaan barang bukti dan barang rampasan, mulai dari penyitaan, penyimpanan, hingga pemusnahan.

“Barang bukti dan barang rampasan harus disimpan dengan aman dan terjaga,” jelas Muhammad Bayanullah, S.H., M.H.,M.Kn. “Pemusnahan barang bukti dan barang rampasan juga harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.”

Baca Juga :  Mantan Kades di TTU Ancam Wartawan

Masyarakat yang mengikuti program ini terlihat antusias dan mengajukan banyak pertanyaan kepada narasumber. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap proses hukum pidana.

Kejari Kota Malang berkomitmen untuk terus memberikan edukasi hukum kepada masyarakat melalui berbagai program, termasuk program “Jaksa Menyapa”.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *